Detail Berita


Sosialisasi 3 Sistem Baru Digital Pertambangan


"digital illustration of futuristic view of an observing showcase room look out to mining site with huge spaceship in background"
Sumber gambar: shutterstock.com/Camilkuo


Tanggal terbit: 05-12-2019

Sosialisasi Aplikasi Modul Verifikasi Penjualan (MVP) oleh Ir. Yuli Bintoro. (MM), Kasubit Pengawasan Usaha Operasi Produksi dan Pemasaran Mineral

Pengusaha komoditas mengisi berbagai bidang data online, dan kemudian perusahaan yang ditunjuk perusahaan surveyor secara otomatis diberi tahu dan menyelesaikan entri data untuk dokumentasi akhir. Perusahaan dapat memilih untuk mencetak atau menggunakan digital untuk izin pelabuhan dan lain-lain. Setiap pihak harus terdaftar dalam sistem MOMS.

Baca juga: Minerba Luncurkan 3 Sistem Digital Baru di Bidang Pertambangan

Sosialisasi Exploration Monitoring System (EMS) dan Exploration Data Warehouse (EDW) oleh Andri Budiman Fimanto, Kasubdit Pengawasan Usaha Eksplorasi Mineral, Direktorat Pembinaan Mineral Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara

Dua sistem tersebut dapat diakses melalui situs web MOMS dan edw-minerba.esdm.go.id. Pada dasarnya hanya perusahaan yang terdaftar dalam sistem MOMS yang dapat mengakses situs. Setelah data dimasukkan, data tersebut dienkripsi untuk keamanan terhadap pengguna yang tidak valid. Sistem ini bergantung pada perusahaan yang ditunjuk Competent Person untuk memasukkan data. Disebutkan bahwa orang yang kompeten juga dapat berasal dari sistem akreditasi KCMI/JORC. Sistem ini fleksibel pada tahun mendatang ketika mineral atau elemen lain yang dicari, maka ini dapat dimasukkan. Ada penalti apabila ada yang memasukkan data palsu.

Sistem ini membantu Minerba untuk menentukan

  1. Area Cakupan
  2. Rasio penggantian cadangan
  3. Eksplorasi Anggaran untuk Rasio Pendapatan.

 

Penulis : Ian Wollff

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !