Detail Berita


KEEN Siap Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa dan Panel Surya


"Solar panels mounted on the ground. Green grass and sunny blue sky background L"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 04-12-2019

duniatambang.co.id - PT Kencana Energi Lestari Tbk (KEEN) akan membangun pembangkit listrik Energi Baru Terbarukan (EBT) di Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Pembangkit yang akan digunakan adalah pembangkit listrik tenaga biomassa (PLTBM) dan solar surya (PLTS). Kedua pembangkit listrik tersebut diproyeksikan dapat menghasilkan listrik masing-masing sebesar 10 megawatt (MW) dan 20 megawatt (MW).

KEEN akan membangun PLTBM berdamping dengan lahan sawit milik KEEN, sehingga bahan baku PLTBM tersebut akan menggunakan sampah sawit (janjang kosong) yang berasal dari perkebunan di dekat PLTBM nantinya. Sedangkan panel surya (PLTS) akan dipasang di areal sawit yang sudah tidak produktif lagi. PLTBM dan PLTS dipilih KEEN sebagai komitmen mewujudkan green energy dan upaya mencapai 23% bauran energi pada 2025.

KEEN belum mengetahui realisasi besaran investasi untuk proyek ini. Namun, KEEN memperkirakan akan merogoh kocek hingga ratusan milyar. Saat ini, proyek EBT milik KEEN masih dalam tahap negosiasi dengan PLN. Negosiasi yang dilakukan terkait power purchase agreement (PPA) untuk energi baru terbarukan (EBT). KEEN berharap proses negosiasi tersebut dapat cepat menemui titik temu dan proyek pengembangan energi baru terbarukan ini dapat berjalan dengan lancar.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !