Detail Berita


Hilirisasi Masih Menjadi Soroton Pada RUU Minerba


"Batubara"
Sumber gambar: ptba.co.id


Tanggal terbit: 03-12-2019

Jakarta, duniatambang.co.id - Revisi Undang-Undang (RUU) No. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba) masih digarap oleh pemerintah. Namun, poin-poin penting dalam RUU minerba sudah dirilis ke publik. Salah satu poin yang menjadi sorotan adalah mengenai hilirisasi pada komoditas tambang terutama batubara.

Baca juga: Fokus Hilirisasi, Begini Besaran Belanja Modal PTBA

Hingga saat ini, Pemerintah masih berusaha menyediakan regulasi yang positif untuk kewajiban hilirisasi batubara. Bentuk hilirisasi batubara salah satunya dengan melakukan gasifikasi batubara.

Namun, gasifikasi batubara ini masih perlu kajian lebih dalam lagi terkait kekhawatiran mengenai tingkat keekonomisan, besarnya biaya investasi yang pada akhirnya mampukah gasifikasi ini mengembalikan modal investasi yang sudah dikeluarkan diawal sehingga tidak menimbulkan kerugian.

Baca juga: Bumi Resources Mulai Lirik Hilirisasi Batubara

Kedepannya pemerintah dinilai perlu memperhitungkan tingkat keekonomisan hilirisasi batubara, memperjelas aturan yang mengacu pada praktik bisnis sehingga dapat menarik investor turut serta mengembangkan proyek-proyek hilirisasi batubara terutama gasifikasi batubara.

Selain itu, hilirisasi batubara ini merupakan hal yang cukup menantang dan perlunya teknologi untuk menunjang kegiatan tambang batubara di sektor hilir. Diharapkan RUU minerba ini nantinya menjadi solusi positif bagi semua pihak baik itu pemerintah, pengusaha, lingkungan, masyarakat dan Negara.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !