Detail Berita


Pengusaha Batubara Tuntut Kejelasan Soal Aturan Ekspor


"Pengangkutan batubara menggunakan tongkang"
Sumber gambar: beritatrans.com


Tanggal terbit: 02-12-2019

duniatambang.co.id – Pengusaha batubara merasa resah terkait belum adanya kepastian aturan teknis penggunaan kapal nasional untuk ekspor komoditas batubara. Data dari BPS, kinerja ekspor batubara menurun 18% untuk periode Januari – Oktober 2018 ke tahun 2019 (YoY).

Kebijakan kapal nasional diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 80 Tahun 2018 tentang Perubahan kedua atas Permendag Nomor 82 tahun 2017 Ketentuan Penggunaan Angkutan Laut dan Asuransi Nasional untuk Ekspor dan Impor.

Eko Fabriyana Kasubdit Sistem Pembiayaan dan Pembayaran Sub Direktorat Fasilitasi Ekspor Impor, menyampaikan pada seminar yang adakan oleh APBI-ICMA, bahwa belum adanya agenda perubahan waktu pemberlakuan Angkutan Laut Nasional, yaitu tetap berlaku 1 Mei 2020.

Saat ini, Kemendag sedang menyusun technical guidance pelaksanaan kewajiban penggunaan angkutan laut nasional, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Angkutan laut yang dikuasai oleh Perusahaan Angkutan Laut Nasional adalah Angkatan Laut yang dimiliki atau disewa (bare boat, time charter, voyage charter dan contract of offreighment) oleh Perusahaan Angkutan Laut Nasional.
  2. Perusahaan Angkutan Laut Nasional harus registrasi di Kementerian Perdagangan.
  3. Pengawasan dilakukan oleh Kemenhub dengan menggunakan instrumen izin Persetujuan Keagenan Kapal Afsing (PKKA).
  4. Masih dimungkinkan pasal pengecualian dengan mempertimbangkan hasil kesepakatan tim dari Kemendag, Kemenhub dan Kemenkeu.

Di samping itu, Kemendag masih terbuka untuk mendapatkan masukan terkait penyusunan technical guidance tersebut. Sementara itu, pengusaha batubara menunggu aturan pasti dari Kementerian Perdagangan terkait penggunaan kapal nasional. Kekhawatiran tanpa ada kepastian aturan penggunaan kapal ini bisa membuat para pembeli produk ekspor batu bara Indonesia beralih ke negara produsen lain.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Wasis

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !