Detail Berita


Begini Cara Vale Optimalkan EBT Untuk Kegiatan Operasional


"Dump Truck"
Sumber gambar: vale.com


Tanggal terbit: 02-12-2019

duniatambang.co.id - PT Vale Indonesia Tbk (INCO) yang kini telah resmi diakuisisi oleh MIND ID terus mengoptimalkan pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan BBN untuk kegiatan operasional bisnis mereka.

Sebelumnya INCO memang sudah sejak lama memiliki PLTA, mulai dari PLTA Larona di Sulawesi Selatan pada 1979, PLTA Balambano di tahun 1999 dan PLTA Karebbe di tahun 2011. Tiga unit PLTA tersebut menghasilkan total energi sebesar 365 megawatt (MW).

Vale memilih PLTA untuk memenuhi kebutuhan listrik dikarenakan kawasan Sorowako, Sulawesi Selatan terdapat cukup banyak sumber energi air yang berasal dari Danau Matano, Mahalona, serta Towuti. Selain itu, PLTA lebih ramah lingkungan dan Vale juga menunjukkan komitmen untuk mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil.

Kontribusi PLTA tersebut terhadap kebutuhan litrik Vale cukup signifikan. Tiga PLTA tersebut dapat memenuhi sekitar 38% dari total kebutuhan energi untuk seluruh kegiatan operasional Vale. PLTA tersebut lebih banyak digunakan untuk kebutuhan energi di pabrik pengolahan nikel yaitu sebesar 94%. Selain untuk operasional perusahaan, PLTA milik Vale juga bekerjasama dengan PLN mendistribusikan energi sebesar 10,7 MW untuk kebutuhan energi bagi masyarakat Luwu Timur.

Tidak Cuma PLTA, Vale juga mengembangkan bahan bakar diesel yang dicampur dengan bahan bakar nabati (BBN) berupa Fatty Acid Methyl Ester (FAME) sebesar 15%. BBN pertama kali dikembangkan Vale pada tahun 2016 untuk bahan bakar kendaraan ringan operasional perusahaan.

Penggunaan BBN setiap tahunnya terus ditingkatkan oleh Vale, pada tahun 2018 penggunaan BBN untuk kendaraan ringan mencapai 79,1 juta liter. Vale kedepannya akan terus mengembangkan proyek EBT untuk keperluan operasional perusahaan mulai dari listrik hingga bahan bakar.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !