Detail Berita


2020, ANTAM Fokus Garap Proyek Hilirisasi


"PT Aneka Tambang Tbk"
Sumber gambar: bisnis.tempo.co


Tanggal terbit: 29-11-2019

duniatambang.co.id - PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) merupakan salah satu emiten pelat merah yang menjadi salah satu anggota dari holding pertambangan MIND ID. ANTAM saat ini setidaknya memiliki dua proyek hilirisasi yang sedang digarap. Pada tahun 2020 mendatang ANTAM dikabarkan akan fokus menggarap kedua proyek hilirisasi tersebut.

Baca juga: Majukan Ekonomi Daerah, ANTAM Beri Dana Pinjaman Bergulir Miliaran Rupiah

ANTAM serius menunjukkan komitmen mendukung program hilirisasi dari pemerintah. Kedua proyek hilirisasi milik ANTAM antara lain pabrik feronikel Halmahera Timur dan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Kalimantan Barat.

Proyek pabrik feronikel Halmahera Timur memiliki kapasitas produksi sebesar 13.500 ton nikel dalam feronikel (TNi). Per September 2019, Realisasi konstruksi proyek tersebut sudah mencapai 97%. ANTAM optimis proyek tersebut dapat rampung 100% dalam waktu dekat. Pada 2020 nanti, proyek pabrik feronikel milik ANTAM ini akan memasuki tahap commissioning. Ketika pabrik ini beroperasi ANTAM berharap kapasitas produksi feronikel dapat meningkat.

Proyek kedua milik ANTAM yaitu pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Kalimantan Barat. SGAR merupakan proyek kerjasama antara INALUM (kini MIND ID) dengan ANTAM. SGAR tahap pertama memiliki kapasitas produksi 1 juta ton SGA.

ANTAM berharap bisa melakukan groundbreaking pada tahun ini dan bisa melakukan initial production pada 2022. Untuk mendukung pengerjaan kedua proyek tersebut, pada 2020 ANTAM dikabarkan belum berencana melakukan belanja modal alias capital expenditure (capex). ANTAM berharap penggarapan proyek tersebut dapat berjalan lancar sesuai dengan rencana.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !