Detail Berita


Proyeksi Flores Jadi Pulau Pertama Capai 23% Bauran Energi


"High power electricity poles in urban area connected to smart grid. Energy supply, distribution of energy, transmitting energy, energy transmission, high voltage supply concept photo."
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 29-11-2019

duniatambang.co.id – Pemerintah menargetkan akan capai 23% bauran energi pada 2025. Namun, target tersebut diramalkan tidak bisa tercapai terkait berbagai permasalahan seperti sepinya iklim investasi untuk EBT.

Namun kontras dengan hal tersebut, Pulau Flores diproyeksikan akan mencapai target 23% bauran energi bahkan diramalkan akan lebih cepat sebelum tahun 2025.

Baca juga: Dukung Pengembangan EBT, Ini Yang Dilakukan Sejumlah Korporasi Swasta

Saat ini komposisi bauran energi untuk kelistrikan di Flores berasal dari PLTU sebesar 10,35%, PLTD 48,7%, PLTMG 22,64%, PLTS 0,56%, PLTMH 4,28% dan PLTP 13,44%. EBT di Flores mampu menghasilkan listrik sebesar 20 MW dari total 112 Megawatt daya listrik di Flores.

Kapasitas listrik dari EBT di Flores diproyeksikan akan terus bertambah pada 2020 mendatang ketika PLTP Sokoria beroperasi.

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sokoria secara bertahap akan memasok listrik untuk wilayah Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Saat ini pembangkit yang dikembangkan oleh PT Sokoria Geothermal Indonesia (SGI) itu sedang dalam tahap pembangunan dengan progres mencapai 50%.

PLTP tersebut dijadwalkan dapat beroperasi pada Kuartal I 2020. Ketika PLTP sokoria beroperai maka akan memberikan kontribusi sebesar 5 MW untuk Flores. Bahkan dalam lima tahun ke depan diproyeksikan akan menyumbang 30MW.

Saat ini, Flores dan sekitarnya sudah menggunakan energi baru dan terbarukan (EBT) mencapai 18,29% dan ditargetkan mencapai 23% pada 2024.

Ke depannya dengan tambahan pasokan energi dari PLTP Sokoria diramalkan dapat membuat Flores mencapai bauran energi 23%, bahkan digadang-gadang menjadi pulau pertama yang capai target bauran energi.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !