Detail Berita


Telah Tiada, Sosok Ini Pantas Raih Life Time Achieved Award Pertambangan


"Istri Soetaryo Sigit Mewakili Menerima Penghargaan Life Time Achieved Award"
Sumber gambar: Dukumen Dunia Tambang/MS


Tanggal terbit: 27-11-2019

duniatambang.co.id – Berbicara soal pertambangan masa kini, tak luput dari peran dan jasa pendahulu yang telah pontang-panting memberikan kontribusi bagi pertambangan di Indonesia. Termasuk sosok ini, yang semasa hidupnya memberikan sumbangsih yang besar bagi perkembangan industri pertambangan.

Wajar saja, sosok ini berhak mendapatkan penghargaan Life Time Achieved Award pada perayaan Ulang Tahun APBI yang ke-30 tahun. Soetaryo Sigit adalah generasi pertama sarjana geologi Indonesia. Pria lulusan Universitas Indonesia itu merupakan pendiri sekaligus ketua pertama Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI). Pada tahun 1957 setelah mendapat pengangkatan sebagai Ahli Geologi pada Direktorat Pertambangan.

Sepak terjangnya di bidang pertambangan membuat namanya tak asing lagi. Soetaryo memegang peranan besar dalam mengembangkan sistem kontrak karya untuk eksplorasi mineral Indonesia. Soetaryo diangkat menjadi Pembantu Menteri Pertambangan pada 1965.

Kemudian, ia ikut andil dalam penggantian Undang-Undang Pertambangan yaitu UU No. 37 Prp 1960. UU tersebut berhasil disahkan menjadi UU Nomor 11 Tahun 1967 tentang Ketentuan Pokok Pertambangan.

Soetaryo pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Pertambangan Umum hingga tahun 1989. Di bidang kooperasi, Soetaryo juga pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Komisari PT Tambang Batubara Bukit Asam. Soetaryo juga merupakan Penasihat PT Adaro Indonesia, Indonesian Mining Association (IMA), serta Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI).

Sang istri mewakili Soetaryo menerima penghargaan Life Time Achieved Award di Sopo Del Tower pada Rabu (27/11/2019). Soetaryo yang telah bersemayam di peristirahatan terakhir pada 2014 silam, jasa-jasa beliau tetap mengalir ke penjuru negeri.

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Wasis

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !