Detail Berita


Begini Eksistensi Indonesia Sebagai Produsen Batubara Di Mata Dunia


"Aktivitas Tambang Batubara"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 27-11-2019

duniatambang.co.id - Batubara memang salah satu komoditas yang menjadi nadi bagi pendapatan negara di sektor pertambangan. Hal ini memang masih didukung dengan tingkat ketersediaan batubara di Indonesia. Meskipun kampanye energi ramah lingkungan sudah kian gencar digaungkan, Batubara juga masih menjadi salah satu bahan bakar yang menjadi jantung bagi pemenuhan energi di Indonesia. Tidak hanya digandrungi di dalam negeri, produksi batubara Indonesia juga mendapat tempat yang tak main-main di mata dunia.

Baca juga: Jangan Lewatkan, Posisi Penting Indonesia dalam Pasar Batubara Dunia

Indonesia terus tancap gas menjadi pemain kenamaan dunia dibidang batubara. Posisi Indonesia sebagai produsen batubara pun terus merangkak naik. Menurut data BP, sejak 2019 Indonesia menjadi produsen batubara dunia terbesar kelima, dengan angka produksi 155,3 juta ton (4,6% produksi dunia). Indonesia pada saat itu berhasil menyalip Rusia. Sekarang, Indonesia juga masih masuk dalam jajaran Top 5 pemain kenamaan batubara dunia yaitu China, Amerika Serikat, Indonesia, India dan Australia.

Namun, jika dilihat dari pemasok terbesar batubara di pasar dunia, Australia menduduki posisi pertama lalu disusul oleh Indonesia. Australia dan Indonesia menjadi eksportir batubara raksasa di dunia. Porsi ekspor masing-masing kedua Negara tersebut sebesar 249,4 juta ton dan 220,3 juta ton. Sedangkan China dan Kawasan Eropa pada 2018 menjadi importir terbesar dunia. Masih menurut catatan CNBC, porsi masing-masing impor kedua Negara tersebut sebesar 149,6 juta ton dan 146,5 juta ton.

Fakta tersebut menunjukkan bahwa keberadaan batubara Indonesia cukup mendominasi di pasar dunia. Bagi Indonesia sendiri, Batubara memang menjadi salah satu komoditas yang cukup banyak memberikan kontribusi bagi perekonomian bangsa. Indonesia pun mampu menunjukkan eksistensinya di bidang pertambangan salah satunya melalui komoditas batubara.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !