Detail Berita


Data Science dan Big Data Kunci Sukses Digitalisasi Pertambangan


"top view of businessman hand working with modern technology and digital layer effect as business strategy concept"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 26-11-2019

duniatambang.co.id – Perkembangan teknologi membuat beragam perubahan terjadi begitu cepat. Sumber daya manusia perlu memiliki kemampuan yang saat ini sering kita dengar adalah big data dan data science untuk mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat.

Dengan penguasaan big data dan data science, maka dunia bisa diakses dalam satu genggaman. Saat ini banyak bermunculan beragam aplikasi maupun peranti lunak yang makin memudahkan pekerjaan manusia, termasuk di bidang pertambangan.

Melimpahnya sumber daya alam di Indonesia tak lantas membuat negeri ini lepas dari berbagai permasalahan. Fluktuasi industri pertambangan tengah mengalami pergejolakan, baik melemahnya harga komoditas, regulasi yang terombang-ambing, dan faktor eksternal.

Di tengah harga komoditas yang kurang baik, perusahaan juga mempunyai tuntutan yang cukup banyak. Termasuk kepatuhan terhadap regulasi keselamatan kerja dan lingkungan, reklamasi, pasca tambang, tanggung jawab sosial, serta kelangsungan bisnis yang tidak bisa dijanjikan.

Kondisi ini memaksa manajemen perusahaan pertambangan memutar otak kinerja perusahaan tetap stabil. Beragam upaya dilakukan baik peningkatan produksi maupun efisiensi karyawan atau sistem. Perusahaan mulai melakukan efisiensi sistem operasi pertambangan melalui inovasi-inovasi keteknikan, administrasi, dan manajemen untuk menjaga kinerja perusahaan.

Baca juga: Digitalisasi Pertambangan? Siapkah Indonesia?

Hadirnya berbagai sistem efisiensi tak luput dari penguasaan data science dan big data yang pada kenyataannya  dapat mengalahkan statistik/survei. Bahkan, orang-orang kaya di dunia didominasi oleh pengusaha yang bergerak di bidang teknologi. Sebut saja Bill Gates dengan  perusahaan Microsoft yang menjamur di pelosok dunia.

Perkembangan teknologi yang sangat pesat ini menuntut generasi muda bersaing ide dan inovasi dalam memecahkan beragam permasalahan termasuk di bidang pertambangan.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Wasis

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !