Detail Berita


Dukung Pengembangan EBT, Ini Yang Dilakukan Sejumlah Korporasi Swasta


"Energi Baru Terbarukan"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 26-11-2019

duniatambang.co.id - Energi Baru Terbarukan (EBT) memang akan menjadi salah satu sumber energi di masa depan. EBT memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan energi fosil terutama dalam hal yang berhubungan dengan lingkungan, meskipun demikian pengembangan EBT memang masih lamban.

Permasalahan utamanya yaitu mengenai minimnya modal dan sepinya iklim investasi. Melihat hal ini, campur tangan swasta juga diperlukan dalam pengembangan EBT. Beberapa korporasi swasta di Indonesia menunjukkan kontribusi dan komitmennya mendukung pemerintah dalam pengembangan EBT.

Kontribusi yang dilakukan oleh sejumlah korporasi swasta tersebut yaitu dengan menggunakan EBT untuk kelangsungan proses bisnisnya. Korporasi swasta tersebut yaitu PT Multi Bintang Indonesia Tbk dan Danone-Aqua. PT Multi Bintang Indonesia Tbk merupakan produsen minuman beralkhol, MBLI menggunakan panel surya (PLTS) Atap di gedung operasionalnya mulai tahun depan dengan kapasitas sebesar 4.000 MWh.

Sebelumnya pada tahun 2018, MBLI juga sudah menggunakan EBT untuk mendukung kegiatan produksi minuman beralkohol dengan memanfaatkan energi biomassa. MLBI pun menargetkan di tahun 2025 nanti produksi minuman beralkohol milik perusahaan 100% memanfaatkan EBT.

Penggunaan EBT tidak cuma dilakukan oleh PT Multi Bintang Indonesia Tbk. Hal serupa juga dilakukan oleh Danone-Aqua, pada 2020 mendatang Danone-Aqua yang merupakan perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) ini akan memasang PLTS dengan kapasitas 5.674 KWp. PLTS tersebut akan dipasang di 3 pabrik perusahaan yang terletak di Mekarsari, Klaten, dan Banyuwangi.

Sebelumnya Danone-Aqua sudah menggunakan PLTS pada tahun 2017 untuk pabrik di Cikarang. Hal ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah mencapai bauran energi pada 2025. Kedepannya diharapkan akan banyak korporasi swasta lainnya yang turut serta menggunakan EBT untuk keberlangsungan proses bisnisnya.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !