Detail Berita


Helm Proyek Kok Beda-Beda Warna, Apa Artinya?


"Engineer holding a yellow helmet for the safety of workers on a background of coal mining trucks are driving on the road. "
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 25-11-2019

duniatambang.co.id – Kita pasti sering melintasi kawasan proyek dan melihat para pekerja memakai helm keselamatan dengan warna yang berbeda-beda. Apakah helm proyek dipilih berdasarkan selera pekerja atau ada makna tersendiri dibalik warna helm keselamatan?

Ternyata warna helm ini ada artinya yang biasanya mencerminkan posisi ataupun peranan orang yang memakai helm tersebut. Jadi tidak bisa suka-suka pilih warna helm proyek saat berada di lokasi proyek. Pada lokasi pertambangan juga menerapkan aturan warna helm yang harus dipakai oleh pekerja.

Peraturan mengenai helm keselamatan bukan merupakan hal yang baku, dan bisa saja berbeda-beda setiap negara atau perusahaan. Berikut ini warna helm keselamatan yang umum digunakan yaitu:

1. Warna Kuning

Helm keselamatan warna biasanya dipakai oleh operator, sub kontraktor dan pekerja umum.

2. Warna Biru

Helm keselamatan warna biru biasanya dipakai oleh site supervisor, pekerja yang berhubungan dengan kelistrikan, operator teknis pengawas sementara. kenyataan di lapangan, helm ini lebih sering di gunakan oleh operator alat-alat berat seperti buldozer, forklit, dan crane.

3. Warna Hijau

Sesuai dengan warnanya, helm keselamatan ini dipakai oleh pengawas lingkungan.

4. Warna Merah

Helm keselamatan warna merahdipakai oleh safety officer yang bertanggung jawab untuk memeriksa sistem keselamatan yang berfungsi sesuai standar yang ditetapkan.

5. Putih

Helm warna putih dipakai oleh orang mempunyai peranan yang sangat penting terhadap proyek misalnya manajer, pengawas, insinyur, mandor.

6. Coklat

Untuk warna yang satu ini biasanya dikenakan oleh tukang las atau pekerja yang berhubungan dengan panas tinggi.

7. Warna Oranye

Jika Anda adalah tamu perusahaan, biasanya akan berikan helm berwarna oranye untuk dikenakan.

Tujuan utama helm tidak lain untuk melindungi jatuhan material dari atas dan menghindari terpaan angin yang membahayakan. Mengingat tingginya angka kecelakaan kerja akibat kurangnya kesadaran mengenai K3, diperlukan budaya disiplin terhadap K3 ketika sedang melakukan pekerjaan salah satunya mematuhi warna helm yang harus dipakai. Warna helm keselamatan memang sengaja diberikan warna yang mencolok untuk mempermudah pekerja terlihat saat berada di suatu area.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor    : Wasis

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !