Detail Berita


Desas-Desus Calon Bos PLN, Mantan Menteri Hingga Mantan Pejabat PLN


"Gedung PLN"
Sumber gambar: nasional.tempo.co


Tanggal terbit: 25-11-2019

duniatambang.co.id - Kementerian BUMN di bawah kepemimpinan Erick Tohir akhir-akhir ini memang sedang gencar melakukan restrukturisasi kepemimpinan di beberapa emiten pelat merah mulai dari Pertamina hingga PLN. Setelah kursi bos Pertamina diisi oleh Basuki Tjahja Purnama alias BTP. Kini, Menteri BUMN digadang-gadang sedang menjaring beberapa nama yang dikabarkan akan mengisi kursi bos PLN.

Terdapat tiga nama yang santer didengungkan akan menjadi bos PLN nantinya. Tiga nama tersebut merupakan orang-orang yang sudah memiliki “nama” dan dikenal masyarakat, mulai dari mantan menteri hingga mantan pejabat PLN. Tiga kandidat tersebut yaitu Ignasius Jonan, Rudiantara, dan terakhir yaitu Sofyan Basir.

Tiga nama tersebut dirumorkan akan mengisi kursi bos PLN. Ignasius Jonan merupakan mantan menteri ESDM periode Jokowi Jilid I. Sebelumnya Jonan juga pernah menjabat sebagai Menteri Perhubungan. Tak hanya berpengalaman di pemerintahan, Jonan juga pernah menduduki jabatan strategis di emiten pelat merah yaitu Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Kandidat kedua yaitu Rudiantara yang merupakan mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada Kabinet Kerja. Tak Cuma pernah menjadi menteri, Rudiantara sendiri bukan orang asing di PLN, beliau pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PLN. Ia juga merupakan profesional di bidang telekomunikasi dan pernah berkarir di Indosat, Telkomsel, Excelcomindo, dan Telkom.

Nama terakhir yang beredar yaitu Sofyan Basir, Sofyan Basir baru saja menerima vonis bebas dari pengadilan karena tidak terbukti secara sah dalam dugaan suap proyek PLTU Riau-1. Sofyan Basir memang bukan nama yang asing di PLN, beliau pernah menjabat sebagai Direktur Utama PLN. Sofyan juga sebelumnya sudah menduduki jabatan strategis sebagai Direktur Utama BRI dan Bank Bukopin.

Belum dapat diketahui siapa yang akan terpilih menjadi bos PLN apakah dari tiga nama yang sudah beredar atau ada nama lain yang akan terpilih. PLN sendiri akan mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada bulan depan. Publik masih harus menunggu siapa bos PLN selanjutnya.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Hazred Umar Fathan

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !