Detail Berita


Terungkap, Fakta Pekerja Tambang Mulai dari Bang Toyib Hingga Kewalahan Cari Sinyal



Tanggal terbit: 21-11-2019

duniatambang.co.id – Pertambangan adalah sektor industri yang banyak diidam-idamkan oleh lulusan baru maupun profesional. Namun, tak banyak yang tahu fakta-fakta menarik dibalik menjadi pekerja tambang mulai dari Bang Toyib hingga susah mencari jaringan internet.

Tim riset Dunia Tambang merangkum fakta pekerja tambang sebagai berikut.

1. Bang Toyib

Pekerja tambang kerap disapa dengan sebutan “Bang Toyib” karena intensitas pulang ke rumah yang jarang.

2. Sebagian besar pekerja tambang adalah lelaki

Pekerjaan pertambangan didominasi oleh laki-laki. Tak jarang, jika ada perempuan yang memasuki sektor ini menjadi agak “wah” karena harus mengimbangi kemampuan laki-laki pada umumnya.

3. Pekerja tambang adalah salah satu sektor dengan gaji tertinggi di Indonesia

Gaji menjadi alasan utama kebanyakan pekerja tambang memilih sektor ini. Jokowi dalam acara IMA Award 2019 mengatakan, banyak orang kaya di dunia bahkan di Indonesia merupakan pelaku usaha dari‎ sektor pertambangan. Dia pun menyebut pengusaha tambang yang hadir merupakan orang kaya.

4. Semua tanggal di kalender pekerja tambang adalah hitam, tidak ada tanggal merah

Pekerja tambang tidak mengenal tanggal merah di kalender, bahkan hari Minggu pun tetap menjalankan tugas. Hal ini karena pekerja tambang di site memakai sistem roster, yaitu penerapan beberapa lama waktu kerja dan berapa lama waktu cuti, yang pada umumnya adalah 8:2, yang artinya 8 minggu kerja dan 2 minggu cuti.

5. Pemimpin Tertinggi di lokasi tambang adalah KTT

Kepala Teknik Tambang (KTT) adalah orang nomor satu di site yang membawahi beberapa bidang/departemen.

6.Mayoritas tambang berada di daerah terpencil

Pembukaan lokasi tambang umumnya di daerah terpencil, mulai dari pembukaan lahan, pembuatan jalan hauling, hingga didirikan bangunan tempat tinggal pekerja tambang. Meski di hutan, fasilitas pekerja tambang tidak kalah bagusnya dengan orang-orang yang kerja kantoran di daerah kota.

7. APD sahabat pekerja tambang

Pekerja tambang yang siap kerja dengan seragam lengkap menunjukkan jati diri pekerja tambang yang memukau. Mulai dari Safety helmet, safety shoes, dan safety rompi, dan perlengkapan lainnya.

8. Tamu dadakan

Menjadi pekerja tambang harus siap siaga terhadap panggilan meeting atau keperluan lain di tengah malam.

9. Boros kalo lagi off

Setelah letih dan jeri payah bekerja selama 2 bulan lebih di site, biasanya pekerja tambang yang cuti cenderung menghabiskan uang sebagai balasan atas kerja keras. Salutnya lagi, pekerja tambang loyal terhadap keluarga, tetangga, maupun kerabat. Jadi sering dikatakan “bos tambang” suka traktir.

10. Rindu masakan rumah

Seenak-enaknya masakan di site, biasanya pekerja tambang lebih merindukan masakan rumah yang tidak ada tandingannya, terlebih lagi suasana makan bersama keluarga.

11. Tempat belajar menyetir otodidak

Ternyata bekerja di site banyak memberikan keahlian baru bagi pekerja tambang, termasuk belajar  menyetir. Karena situasi dan kondisi yang memaksa pekerja tambang harus serba bisa.

12. Mengubah warna kulit

Pasti tidak sedikit pekerja tambang yang pulang ke rumah disodorkan dengan pertanyaan, “kok iteman?”. Ya begitulah demi mengais rezeki, kulit hitam tidak menjadi masalah bagi pekerja tambang asal keluarga di rumah bahagia.

13. Sebagian besar tambang di Indonesia termasuk dalam wilayah SST (Susah Sinyal Telepon)

Iya, sinyal sering kali menjadi kendala bagi pekerja tambang di site. Bahkan ada yang harus mencari tempat ketinggian untuk mencari sinyal. Zaman sekarang sinyal menjadi kebutuhan primer karena menjadi sumber informasi.

14. Haus Informasi Pertambangan

Faktor sinyal di lapangan membuat pekerja tambang sangat sulit mengakses informasi seputar pertambangan. Namun tidak perlu khawatir, saat ini tersedia aplikasi Dunia Tambang yang membuat pekerja tambang bisa menyantap informasi terhangat dan terlengkap seputar pertambangan hanya dalam satu genggaman.

Demikian fakta pekerja tambang yang kerap kali membuat mereka menjadi panutan. Bagaimana menurut Sobat?

 

Penulis : Mayang Sari

Editor    : Umar RP.

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !