Detail Berita


Tiga Kontraktor Peraih Penghargaan Perusahaan Jasa Pertambangan Terbaik


"Excavator at worksite"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 21-11-2019

Jakarta, duniatambang.co.id – Perusahaan Jasa Pertambangan atau kontraktor pertambangan dalam suatu area konsesi merupakan hal yang sangat vital dalam mendukung operasional tambang. Umumnya, pemilik Izin Usaha Pertambangan (IUP) akan memberikan kuasa kepada perusahaan jasa pertambangan agar bisa mengambil hasil material berdasarkan kesepakatan yang telah dibuat.

Indonesian Mining Association (IMA) dalam acara Indonesia Mining Award 2019 yang dihadiri oleh Presiden Jokowi memberikan penghargaan penting kepada para pelaku usaha jasa pertambangan yang telah berkontribusi penting dalam menyukseskan operasi pertambangan, sehingga dilakukan inisiasi kategori “Perusahaan jasa pertambangan yang melakukan kaidah pertambangan terbaik” pada Rabu (20/11).

Berdasarkan kategori tersebut, terdapat tiga nama kontraktor besar di Indonesia yang menyabet penghargaan bergengsi PT Pama Persada Nusantara, PT. Thiess Indonesia, dan PT Petrosea.

Baca juga: Luar Biasa, KPC Borong Delapan Medali Indonesia Mining Award 2019

PAMA merupakan anak perusahaan dari Astra Internasional yang berfokus dalam jasa pertambangan alat berat. Kini PAMA telah memiliki beberapa anak perusahaan yang bergerak dalam bidang mining contractor & Business Sector, Coal Owner & Trading Business, Mineral Business Sector, Energy Business Sector dan bisnis lainnya. Tercatat lebih dari 20 perusahaan yang telah bergabung dalam gurita PAMA, di mana slogan yang diusung yaitu “A Global Energy and Resources Company”.

Pada tahun 2018, PAMA berhasil meningkatkan laba bersih sebesar Rp 40.6 triliun, tumbuh 37% dari Rp  29,6 triliun pada tahun 2017. Di mana terjadi peningkatan kapasitas produksi pada pemindahan tanah sebesar 22% dari 800,8 juta bcm di tahun 2017, meningkat menjadi 974,4 juta bcm. Kemudian, produksi batubara naik 11% yang awal mulanya 112,6 juta ton menjadi 125,1 juta ton.

Sebelumnya, tim riset Dunia Tambang sempat membahas capaian yang telah dilakukan oleh PAMA dalam acara CEO Forum MGEI 2019, di mana Frans Kesuma masih menjabat sebagai Presdir PAMA.

Baca JugaMengulas Perspektif Pertambangan di tahun 2019 Dari Sudut Pandang CEO

Thiess, merupakan kontraktor tambang tertua dan terbesar di dunia. Awal mulanya, kontrak pekerjaan pertama yang dilakukan pada bidang pertambangan batubara berlangsung pada 1944, yang digagas oleh Thiess Bersaudara yang terletak di Tambang Batu Bara Blair Athol di Queensland dan Tambang Batu Bara Muswellbrook di New South Wales.

Dengan pengalaman tambang selama 80 tahun, Thiess telah mengembangkan unit bisnisnya termasuk pengembangan tambang, ekstraksi, pemrosesan, dan pemulihan. Hingga kini, terdapat tiga proyek yang sedang dijalani oleh Thiess di Indonesia, yaitu di Sangatta Coal Mine, Melak coal Mine, dan Senakin Coal Mine. Tim riset Dunia Tambang tidak dapat menemukan data laporan tahunan yang dikeluarkan oleh Thiess Indonesia, sehingga tidak dapat menemukan informasi tentang data finansial tahun 2018.

Petrosea, adalah perusahaan kontraktor nasional yang tergabung ke dalam Indika Energy Group, yang berdiri pada tahun 1972. Komposisi pemegang saham per 31 Desember 2018 yaitu 69,80% berasal dari PT Indika Energy Tbk dan 30,20% merupakan saham publik. Hingga kini, Petrosea telah memiliki beberapa jasa yang ditawarkan diantara-Nya: kontraktor pertambangan, rekayasa dan konstruksi, jasa logistik dan pendukung kegiatan minyak & gas bumi. Tercatat pada tahun 2018 Petrosea dapat meningkatkan laba sebesar 48,57% setara USD 465.74 juta, yang sebelumnya di tahun 2017 hanya USD 313.48 juta, di mana laba bersih yang diperoleh USD 23.17  juta.

Pada penghujung tahun 2018 juga tercatat Petrosea berhasil memperpanjang kontrak dengan Kideco Jaya Agung, di mana terdapat peningkatan volume produksi dan perpanjangan kontrak sampai tahun 2023, serta fase kedua proyek Levee untuk Freeport Indonesia. Merujuk dari data akhir tahun 2018, jumlah karyawan Petrosea yaitu 5198 yang tersebar di seluruh lokasi proyek.

 

Penulis : Hazred Umar Fathan

Editor   : Wasis Sriyadi

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !