Detail Berita


Ledakan Tambang Batubara di Cina Tewaskan 15 Korban


"Persiapan Tim Keselamatan untuk Mengevakuasi Korba Ledakan Tambang"
Sumber gambar: China's Xinhua News Agency


Tanggal terbit: 20-11-2019

duniatambang.co.id – Kabar mengejutkan baru-baru ini datang dari Cina Utara. Pasalnya, sebuah ledakan gas menghantam tambang batubara di Cina. Ledakan tersebut menewaskan setidaknya 15 pekerja dan 9 lainnya luka-luka.

Ledakan dahsyat tersebut terjadi Senin sore (18/11) di Pingyao, Provinsi Shanxi. Mendengar kabar ledakan tersebut, tim keselamatan mulai bergegas mengevakuasi korban hingga berakhir pada Selasa pagi.

Seketika ledakan terjadi, 11 penambang berhasil melarikan diri. Akibatnya, penyebab ledakan sulit untuk diselidiki.

Baca juga: Kenapa Bisa Terjadi Kebakaran Tambang Bawah?

Ledakan gas pada tambang batubara terjadi karena konsentrasi metana yang mudah menguap. Metana pada konsentrasi yang tinggi menyebabkan gas dapat dinyalakan dengan percikan yang sederhana, kemudian menyebabkan nyala api terbuka. Ledakan juga dapat terjadi akibat peralatan listrik yang terbuka sehingga memicu ledakan batubara di udara.

Insiden ledakan tambang batubara di Cina ini bukan kali pertama yang terjadi. Telah banyak insiden-insiden yang tejadi sebelumnya. Ledakan gas pada tambang dapat menjadi penyebab kematian terbesar di kegiatan pertambangan.

Keselamatan dan kesehatan kerja pada kegiatan pertambangan merupakan aspek yang penting untuk perlindungan tenaga kerja. Segala aspek yang berpotensi membahayakan pekerja harus ditangani secara khusus. Salah satu pekerjaan yang dapat menimbulkan bahaya pada industri pertambangan adalah kegiatan peledakan.

Baca Juga: Juru Ledak Jadi Kunci Kegiatan Peledakan Zero Accident

Hasil peledakan akan optimal apabila perlengkapan, peralatan, dan metode yang dipakai sesuai dengan standar. Dan yang paling penting adalah kegiatan peledakan harus dilakukan oleh juru ledak yang telah memiliki kompetensi.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Wasis

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !