Detail Berita


Pabrik Lithium Senilai Rp 44 T Segera Beroperasi


"Unsur Kimia Lithium"
Sumber gambar: thestockdork.com


Tanggal terbit: 19-11-2019

duniatambang.co.id - Pembangunan pabrik lithium merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam mengembangkan industri kendaraan listrik di Indonesia. Selain itu, proyek pembangunan pabrik lithium ini merupakan salah satu angin segar bagi industri pertambangan, terutama bagi komoditas nikel. Adanya pabrik baterai lithium ini nantinya dapat menyerap pasokan nikel domestik. Pabrik ini direncanakan akan dibangun di kawasan Morowali, Sulawesi Tengah.

Terkait proyek pembangunan pabrik lithium ini, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengatakan bahwa sudah terdapat beberapa investor yang akan berinvestasi pada proyek ini. Besaran investasi yang akan didapatkan berkisar US$ 3,2 miliar atau setara Rp 44,8 triliun dengan asumsi kurs Rp 14.000 per US$. Beberapa investor yang akan berinvestasi yaitu Volkswagen (VW), Audi dan Mercedes-Benz. Proyek ini digadang-gadang akan dibangun di atas tanah seluas hampir 47.000 hektar dan dilengkapi dengan pembangkit listrik 2x65 MW.

Baca juga: Pembangunan IMIP: Selamat Datang Era Lithium!!

Namun, pembangunan pabrik tersebut masih harus tersendat kajian dampak lingkungan dan antisipasi limbah atau AMDAL yang hingga kini masih belum rampung. Kajian AMDAL ini tengah dibahas bersama antara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kajian ini fokus membahas potensi limbah baterai lithium. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga mengantisipasi bahwa jika nantinya pabrik tersebut tidak menjadi penampungan baterai bekas untuk diolah kembali. Untuk itu, KLHK bersama dengan kementerian terkait akan terus melakukan kajian mendalam dan berharap AMDAL akan dapat segera dirampungkan. Proyek pabrik baterai lithium ini jika tidak ada kendala direncanakan akan memasuki tahap peletakan batu pertama (ground breaking) pada akhir tahun ini.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Mayang Sari

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !