Detail Berita


Wah Ini Komitmen PLN Bantu Wujudkan Bauran Energi 2025


"Listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik"
Sumber gambar: pln.co.id


Tanggal terbit: 17-11-2019

duniatambang.co.id - Mata dunia kini mulai melihat pentingnya energi ramah lingkungan untuk menyelamatkan bumi. Bahkan sejumlah Negara mulai menunjukkan komitmennya untuk menggunakan energi baru terbarukan yang dinilai lebih ramah lingkungan dengan kadar emisi yang jauh lebih rendah daripada energi fosil. Tak terkecuali dengan Indonesia. Indonesia juga memiliki mimpi untuk dapat mencapai bauran energi 23% pada 2025. Direncanakan porsi bauran energi untuk pembangkit listrik pada tahun 2025 terdiri dari 54,6% batubara, 22% gas alam (termasuk LNG), 23% EBT dan 0,4% BB. Untuk itu,  Pemerintah melalui salah satu emiten pelat merah yang dalam hal ini PLN masih terus berusaha mewujudkan impian tersebut.

Hingga Oktober 2019, PLN telah berhasil membangun pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan total kapasitas sebesar 7.435 MW (Mega Watt). Pembangkit EBT milik PLN ini terdiri dari beberapa tenaga pembangkit mulai dari Air, Bayu, Surya, Panas Bumi, Mikro Hidro hingga Biomassa. Adapun porsi berbagai tenaga pembangkit energi baru terbarukan tersebut terdiri dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sebesar 4.711 MW, Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) 1.979 MW, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 58 MW, Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) 131 MW, Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTM) 385 MW, Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa dan Sampah (PLT Bio/Sa) 171 MW.

Kini, kapasitas pembangkit EBT memiliki porsi sebesar 12,1% dari total seluruh energi pembangkit pada target bauran energi. Hal ini merupakan salah satu bukti komitmen PLN membantu pemerintah mewujudkan target bauran energi. Ke depannya PLN akan terus mengembangkan sejumlah proyek pembangkit listrik menggunakan EBT. PLN juga berharap iklim investasi untuk pengembangan EBT kian marak sehingga proyek pengembangan tersebut dapat berjalan sesuai rencana yang diharapkan.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !