Detail Berita


PTBA-ANTAM Kolaborasi Garap Proyek PLTU


"Batubara"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 16-11-2019

duniatambang.co.id - Tingkat pembangunan smelter di Indonesia memang sedang tinggi bahkan Indonesia sempat diisukan akan menjadi raja smelter. Untuk kegiatan operasional smelter-smelter tersebut tentu memerlukan pasokan listrik sehingga pertumbuhan pembangunan smelter juga berbanding lurus dengan mulai bermunculannya proyek PLTU di beberapa daerah operasional smelter.

PTBA dan ANTAM berkolaborasi menggarap proyek PLTU. PLTU ini nantinya akan menyediakan pasokan listrik untuk smelter feronikel milik ANTAM yang berlokasi di Halmahera Timur, Maluku Utara.

PLTU milik PTBA-ANTAM ini diproyeksikan akan menyerap batubara sebanyak 0,65 juta ton per tahun. Perkiraan nilai total investasi untuk proyek ini mencapai US$ 185 juta. PLTU yang berlokasi di Halmahera Timur ini berkapasitas 2x45 MW dengan komposisi kepemilikan PTBA 75% dan ANTM 25%. Untuk menjalankan proyek ini PTBA sebagai pemegang porsi kepemilikan yang lebih besar berencana akan meningkatkan belanja modal atau capital expenditure (capex) pada 2020 mendatang.

PTBA mengklaim bahwa sejauh ini belanja modal  pada 2020 mendatang berasal dari dana cash yang masih dimiliki perusahaan dan belum berencana untuk melakukan penerbitan obligasi.

Proyek PLTU ini merupakan proyek kerja sama atau joint venture company (JVC )antara PTBA dan ANTAM. Proyek kerja sama ini baru memasuki tahap finalisasi perjanjian. Kedua belah pihak berharap pada akhir tahun ini sudah terbentuk sebuah kesepakatan agar proses development proyek PLTU ini dapat secepatnya dilakukan. PTBA dan ANTAM berharap rencana ini dapat segera terealisasi tanpa hambatan yang berarti.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !