Detail Berita


Yuk Cari Tahu Perkiraan umur cadangan Komoditas Tambang Indonesia!


"Aktivitas Dumping Batubara"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 15-11-2019

duniatambang.co.id - Sektor pertambangan memang masih menjadi salah satu tulang punggung bagi Indonesia. Hal tersebut tak luput dari potensi kekayaan perut bumi Indonesia yang bertumpah ruah dan beraneka ragam. Komoditas tambang Indonesia terdiri dari batubara, mineral (logam dan nonlogan) dan galian C.

Emiten tambang di Indonesia pun beraneka ragam mulai dari emiten tambang kecil, tambang rakyat hingga tambang raksasa. Pertambangan Indonesia selain untuk memenuhi kebutuhan domestik baik itu untuk sektor energi maupun sektor industri lainnya, hasil tambang di Indonesia juga diperuntukkan untuk keperluan impor. Jika terus dikonsumsi dan dikeruk, sampai kapan kekayaan perut bumi Indonesia bisa dijadikan tulang punggung bangsa?

Jumlah cadangan beberapa komoditas tambang di Indonesia pernah disampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VII dengan Kementerian ESDM Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) periode pemerintahan Jokowi-JK beberapa waktu lalu.

Dari paparan tersebut dijelaskan jumlah cadangan beberapa komoditas tambang dan perkiraan umur cadangan berdasarkan jumlah produksi masing-masing bijih rata-rata per tahun Indonesia. Jumlah ini tidak menutup kemungkinan untuk terus bertambah, mengingat pemerintah pun sedang menggalakkan

Beberapa komoditas yang dipaparkan adalah tembaga dengan cadangan 2,76 miliar ton dan perkiraan umur cadangan 39 tahun, nikel dengan cadangan 3,57 miliar ton dan perkiraan umur cadangan 184 tahun, dan batubara dengan cadangan 39,89 miliar ton dan perkiraan umur cadangan 80 tahun.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !