Detail Berita


Waduh Eropa Stop Investasi Pada Energi Fosil


"Batubara"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 15-11-2019

duniatambang.co.id – Kabar mengejutkan Amerika Serikat keluar dari Kesepakatan Paris (Paris Agreement) dan kembali melonggarkan aturan untuk kembali menggunakan batubara. Kini kontras dengan Amerika Serikat, kabar mengejutkan datang dari Eropa yang justru berencana berhenti untuk melakukan investasi pada energi fosil dan memilih fokus untuk melakukan investasi pada energi yang ramah lingkungan.

Baca juga: AS Cabut Dari Perjanjian Paris, Katalis Positif Bagi Batubara

Mengutip dari perkataan Presiden European Investment Bank (EIB) Werner Hoyer dalam sebuah pernyataan sebagaimana dikutip CNBC Indoensia, “Kami berhenti membiayai bahan bakar fosil dan kami akan meluncurkan strategi investasi iklim paling ambisius dari lembaga keuangan publik manapun."

European Investment Bank (EIB) berencana setidaknya akan merogoh kocek sebesar US$ 1,1 untuk melakukan investasi pada energi ramah lingkungan. Hal ini dilakukan atas permintaan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen yang meminta EIB bertransformasi menjadi Bank Iklim. Keputusan untuk tidak berinvestasi pada energi fosil ini diambil setelah dilakukan konsultasi publik pada pemberi pinjaman. Hal ini juga menunjukkan komitmen Uni Eropa mengenai target iklim dan energi serta komitmen Uni Eropa terhadap Kesepakatan Paris (Paris Agreement).

Keputusan Uni Eropa sontak mengejutkan dunia ditambah lagi pasar global komoditas batubara dan minyak memang sedang anjlok bahkan menunjukkan tren turun.  Meskipun demikian, EIB pada tahun lalu masih melakukan investasi pada sektor gas. Bahkan EIB pada tahun lalu menggelontorkan dana sebesar 2,5 miliar Euro untuk proyek-proyek jaringan pipa gas. Jika kedepan nya EIB resmi menjalankan komitmennya untuk secara perlahan meninggalkan energi fosil maka hal tersebut sedikit banyak akan berdampak pada pasar batubara dan minyak.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !