Detail Berita


Polemik Truk Tambang, Pemerintah Jabar Akan Buat Jalur Khusus


"Dump Truck"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 14-11-2019

duniatambang.co.id - Bertumbuhnya industri tambang memang menjanjikan berbagai keuntungan. Bahkan adanya industri dapat menambah pemasukan bagi daerah setempat seperti munculnya industri-industri kecil disekitar tambang. Namun, adanya tambang juga menimbulkan sejumlah polemik yang harus mendapat perhatian serius dari pihak terkait sehingga dapat meminimalkan dampak negatif baik itu bagi lingkungan maupun masyarakat di daerah sekitar pertambangan. Seperti pertumbuhan sektor pertambangan di Parung Panjang, Jawa Barat yang kini menimbulkan polemik adanya truk-truk tambang yang melewati jalan umum sehingga menyebabkan jalanan rusak, kemacetan dan tingginya angka kecelakaan lalu lintas.

Permasalahan ini sebenarnya merupakan permasalahan yang sudah menahun namun belum ada solusi konkrit yang mampu menyelesaikannya. Sejumlah solusi jangka pendek sudah dilakukan seperti pemasangan portal dan pengaturan jam operasional bagi truk. Namun, solusi jangka pendek tersebut dinilai tidak efektif mengatasi permasalahan ini. Parung panjang sendiri masuk dalam wilayah kabupaten Bogor, Pemerintah Kabupaten Bogor bermaksud untuk mencari solusi jangka panjang seperti pembangunan jalan khusus untuk truk tambang.

Rencana pembangunan jalan tambang tersebut sebanyak satu ruas dengan panjang sekitar 18,5 kilometer. Pembangunan jalan tersebut mengharuskan adanya pembebasan lahan jika dilihat dari rencana dari 18,5 km jalan tersebut terdapat sepanjang 5 km lahan milik Perhutani, sedangkan sisanya milik warga. Rencananya jalur tersebut mulai dari Lebak Wangi, Cigudeg, sampai Parung Panjang, keluar di Tangerang, BSD. Untuk alternatif kedua yaitu keluar melalui Lebak, Banten.

Jika pendanaan dari rencana tersebut harus diambil dari APBD Bogor, Pemkab Bogor mengatakan bahwa APBD Bogor tidak akan cukup. Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat (Jabar) berharap pemerintah pusat dapat memberikan dukungan dalam rencana pembangunan jalur khusus angkutan tambang di Parung Panjang, Kabupaten Bogor. Kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Bogor, Pemerintah provinsi Jawa Barat dan Pemerintah pusat diharapkan dapat merealisasikan solusi jangka panjang terkait polemik truk tambang di Parung Panjang.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !