Detail Berita


Operational ft Environment, Bersinergi dalam Kompetisi


""Environment & Biodiversity" monitoring at outside of operational area for originality and quality measurements.""
Sumber gambar: MBW


Tanggal terbit: 12-11-2019

duniatambang.co.id - Dunia pertambangan tidak akan lepas dari pengelolaan lingkungan pertambangan. Selama ini muncul kajian berupa dokumen dengan pembanding implementasi di lapangan menjadi tantangan untuk perusahaan dan organisasi di dalamnya. Hal itu perlu peran dan sinergisitas yang baik dalam pengelolaannya. Pengusahaan pertambangan hulu hingga hilir terkadang muncul keresahan dalam keberhasilan menjaga dan memelihara lingkungan pertambangan.

Sumber daya manusia dalam perusahaan pertambangan maupun jasa pertambangan di Indonesia semakin sadar bahwa peran lingkungan sangat penting. Perhatian terhadap lingkungan yang berdampingan dengan operasional dapat menambah keberhasilan kegiatan pertambangan.

Kompetisi berbasis teknologi berawal dari kebiasaan dan rasa ingin “mengembangkan” selaras dengan “Good Mining Practices” yang dapat dimulai dari lingkup Perguruan Tinggi hingga profesional di perusahaan. Maraknya seksi mahasiswa bekerja sama dengan perusahaan untuk mengadakan kompetisi spesifik “bergengsi” di “Kegiatan Operasional Pertambangan” antar kampus, menyulut buah pemikiran agar lingkungan turut dapat “dikompetisikan” sejak dini. Kegiatan ini dapat dikemas berupa berupa “Student Mining & Environmental Competition” atau terpisah “Student Mine Environment Competition” yang dapat diselenggarakan pada tingkat nasional maupun internasional.

Kompetisi di lingkup operasional seperti Panning, Tie In, Bench-Blasting, Mine Ventilation, Duct Hanging, Hand Steel, Rock Drilling, Hand Mucking, serta berbagai hal bersifat teknikal sudah sering dilakukan di perguruan tinggi. Hal serupa dapat juga diterapkan dalam bidang lingkungan pertambangan seperti AMD/ARD Risk Evaluation, Mine Water Management, PAF/NAF Identifying, Soil Judging, Mine Closure, Environmental Impact Assessment, dan lingkup lainnya yang dapat diadakan dan dikembangkan.

Hal tersebut jika mampu terlaksana diharapkan dapat melahirkan berbagai inovasi yang bermula dari buah pemikiran, diskusi, analisa, pembahasan dan evaluasi terbaik yang dapat diterapkan dan diaplikasikan kemudian hari.

 

Penulis : Maychel Beta Wibowo

Editor    : Mayang Sari

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !