Detail Berita


MOMS dan e-PNBP Minerba : Solusi Transparansi Pertambangan di Indonesia


"Sosialisasi aplikasi MOMS dan eBNBP oleh Minerba"
Sumber gambar: sulselprov.go.id


Tanggal terbit: 11-11-2019

duniatambang.co.id – Era digitalisasi merupakan zaman yang mengharuskan hampir semua sektor wajib melakukan transparansi. Perkembangan teknologi dan informasi berperan penting dalam membantu pengelolaan sumber daya alam (SDA) yang akuntabel.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada masa bakti Ignasius Jonan dan Arcandra Tahar meluncurkan aplikasi Minerba Online Monitoring System (MOMS) dan Sistem Elektronik Penerimaan Negara Bukan Pajak Mineral Batubara (e-PNBP).

Aplikasi hasil terobosan Jonan dan Arcandra ini berguna untuk monitoring dan pengawasan kegiatan produksi perusahaan secara online tanpa harus mengunjungi perusahaan yang bersangkutan. Perkembangan teknologi memberikan kemudahan monitoring kegiatan pertambangan dapat melintasi batas dan waktu.

e-PNBP terintegrasi secara langsung dengan kewajiban pembayaran PNBP agar hasil yang didapatkan lebih akurat dan mengurangi kemungkinan kekurangan pembayaran PNBP oleh perusahaan.

Sementara MOMS adalah aplikasi untuk mencatat sehingga memudahkan pengawasan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam mengendalikan dan mengawasi kegiatan pertambangan mineral dan batubara di Indonesia.

Melalui dua sistem ini, pelaporan, rekapitulasi dan evaluasi pencapaian produksi dan penjualan minerba tidak lagi dilakukan secara manual agar lebih efisien dan efektif. Data neraca produksi, pengolahan, pemurnian, dan penjualan juga terintegrasi dengan cadangan mineral dan batubara.

Dengan sistem ini, pertambangan Indonesia diharapkan bisa meningkatkan transparansi di sektor minerba. Seluruh perusahaan tambang yang perizinannya berada dalam kewenangan Pemerintah Pusat saat ini sudah melaksanakan kewajiban menggunakan dua sistem tersebut.

Selain meminta kepada Pemda untuk bertindak tegas, Arcandra juga meminta Inspektur Tambang di daerah untuk aktif untuk membantu Pemerintah Daerah mendorong perusahaan-perusahaan menggunakan aplikasi MOMS dan e-BNBP.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Wasis

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !