Detail Berita


Bodie Kota Emas yang Kini Tak Berpenghuni


"Bodie State Historic Park"
Sumber gambar: desertusa.com


Tanggal terbit: 11-11-2019

duniatambang.co.id - Bodie merupakan kota yang terletak di pegunungan Sierra Nevada bagian Timur, Mono County California, Amerika Serikat. Kota kecil ini dulunya merupakan kawasan camp bagi para penambang emas di pegunungan Sierra Nevada. Pada masa kejayaannya, Bodie layaknya kota koboi dengan gemerlap kemewahan dan berbagai fasilitas seperti salon, arena bowling, ruang dansa, toko, hotel, bar, gereja dan restoran.

Kota Bodie didirikan oleh WS Bodey pada tahun 1859. Kota ini merupakan kota kecil yang hanya dihuni oleh 20 penambang. Lalu ditemukan galian emas baru, Bodie berkembang pesat hingga dihuni oleh 10.000 orang dengan sekitar 2.000 bangunan. Namun, cadangan emas di pegunungan Sierra saat itu memang secara kuantitas tidak terlalu menjanjikan. Sehingga umur tambang pun tak berlangsung lama. Hal ini membuat masa gemilang Bodie juga tak berlangsung lama.

Pada masa kejayaannya, Bodie bertransformasi menjadi kota dengan tingkat pelanggaran hukum yang tinggi, penuh dengan kejahatan dan obat-obatan terlarang. Pada tahun 1882, tambang-tambang kecil pun harus menelan pil pahit karena dilanda kebangkrutan membuat sejumlah penduduk pergi meninggalkan Bodie. Tahun 1910, hanya tersisa kurang dari seribu penduduk. Ditambah lagi, pada waktu yang bersamaan, Montana, Arizona dan Utah menawarkan kesejahteraan yang lebih baik untuk para pekerja.

Meskipun hanya tersisa sedikit penduduk, beberapa tambang yang tidak mengalami kebangkrutan tetap beroperasi, hingga pada tahun 1942 terjadi perang hebat yang mengakibatkan tambang-tambang tersebut harus tutup. Kini, kota Bodie menjadi saksi sejarah masa emas pertambangan. Sebagian besar bangunan yang selamat, dibiarkan berdebu. Hingga akhirnya pada tahun 1962, kota Bodie didaulat menjadi taman sejarah yang hingga kini dikenal dengan The Bodie State Historic Park.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !