Detail Berita


Pasar Timah Tumbuh, Akankah Indonesia Jadi Acuan Harga Timah Dunia?


"Pasar Fisik Timah"
Sumber gambar: investor.id


Tanggal terbit: 11-11-2019

duniatambang.co.id - Timah merupakan salah satu komoditas tambang yang dimiliki Indonesia yang cukup menjanjikan. Indonesia menyumbang sekitar 23% pasar timah dunia. Pasar timah di Indonesia pun kini semakin ramai. Per Agustus 2019, resmi ada dua bursa yang memperdagangkan fisik timah di Indonesia, yakni Bursa Komoditi Derivatif Indonesia (BKDI) dan PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) yang menggandeng PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) sebagai lembaga penjamin.

Baca juga: Wah, Jadi Begini Penetapan Harga di Bursa Timah Indonesia

Pasar fisik timah Indonesia memang baru resmi diluncurkan per Agustus 2019 lalu, namun transaksi timah di bursa tersebut sejak awal diluncurkan hingga akhir Oktober 2019 terus meroket.  Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) atau Jakarta Futures Exchange (JFX) mencatat, sejak diluncurkan frekuensi transaksi pasar fisik timah meroket hingga total transaksi sebesar 3.224 lot. Pada Agustus, transaksi sebanyak 915 lot atau 4.575 ton dengan nilai transaksi US$ 73 juta. Pada bulan September, transaksi sebanyak 1.254 lot atau 6.270 ton senilai US$ 105 juta. Menginjak bulan ketiga yaitu bulan Oktober, transaksi mencapai 1.055 lot dengan nilai transaksi sebesar US$ 84 juta. Adapun spesifikasi timah batangan yang diperdagangkan di pasar fisik bursa berjangka yaitu Timah Murni Batangan dengan kandungan kemurnian Stannum (Sn) paling rendah 99,9%.

BKDI dan BBJ terus mendorong pasar fisik timah Indonesia, agar terus berkembang menjadi menjadi pasar futures. BBJ dan KBI masih harus melakukan kajian mendalam. Hingga kini, rencana tersebut masih terus diusahakan untuk dapat terealisasi. Baru-baru ini, BBJ dan KBI telah menjalin komunikasi dengan sejumlah perusahaan besar dari berbagai Negara seperti Jepang dan Taiwan terkait pasar fisik timah di Indonesia.

Baca juga: Mekanisme Perdagangan di Bursa Timah Indonesia dan Dunia

Dengan potensi timah Indonesia yang menjanjikan dan peran Indonesia di pasar timah dunia, KBI optimis pasar fisik timah Indonesia akan terus berkembang dan berpotensi bisa menjadi acuan harga timah dunia dan menggeser posisi London Metal Exchange (LME) di kemudian hari.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Mayang Sari

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !