Detail Berita


Tangani Proyek EBT, Menteri ESDM Lakukan Inventarisasi


"Energi Baru Terbarukan"
Sumber gambar: eksplorasi.id


Tanggal terbit: 08-11-2019

duniatambang.co.id - Realisasi proyek EBT memang masih jauh dari target. Terlebih masih banyak proyek yang dulu dikembangkan mogok di tengah jalan dikarenakan minimnya pendanaan dan minat investasi. Saat pelantikan menteri ESDM periode baru, penggiat EBT menaruh harap agar ke depannya EBT mendapat perhatian serius dari pemerintah agar iklim investasi di sektor EBT dapat lebih menggiurkan.

Arifin Tasrif sebagai menteri ESDM periode 2019-2024 menjadi harapan bagi pengembangan proyek EBT. Sebagai langkah awal, Arifin akan melakukan Inventarisasi proyek EBT yang sedang berjalan dan yang mengalami mangkrak akibat kurangnya pendanaan atau masalah-masalah lainnya. Lebih lanjut, Arifin berencana akan melakukan pendataan ulang terkait potensi sejumlah energi baru terbarukan misalnya, geothermal, air, dll. Agar indonesia lebih siap untuk melakukan inisiasi untuk pengembangan energi baru terbarukan.

Menanggapi kondisi ini, beberapa pihak mengusulkan agar dalam struktur ESDM terdapat jabatan wakil menteri ESDM yang khusus menangani masalah EBT agar pengembangan EBT di Indonesia dapat perhatian lebih serius. Namun, saat ini ESDM masih dalam tahap menampung semua ide dan masukan dari semua pihak terkait pengembangan EBT. Untuk langkah awal ESDM baru akan melakukan inventarisasi dan pendataan ulang proyek EBT dan Potensi EBT di Indonesia.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berikan Komentar

Kunjungi web Advertising kami !