Detail Berita


Gandeng Emiten Raksasa, BUMI Akan Bangun Smelter


"Bumi Rencanakan Bangun Smelter"
Sumber gambar: katadata.co.id


Tanggal terbit: 07-11-2019

duniatambang.co.id - Emiten pertambangan PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS), baru-baru ini berhasil menunjukkan performa kerja yang positif. Dibuktikan dengan berhasilnya membukukan laba sebesar US$ 1,01 juta atau setara dengan Rp 14,72 miliar (asumsi kurs Rp 14.000/US$). Dengan pendapatan yang naik hingga tiga kali lipat menjadi US$ 3,46 juta atau setara dengan Rp 48,44 miliar.

Baca juga: Akhirnya, Bumi Resources Cetak Laba

Dengan performa kerja yang positif, BUMI pun kini mulai giat melakukan ekspansi dan mengembangkan beberapa proyek. Terlebih lagi proyek tambang emas Poboya milik BUMI yang sebentar lagi siap beroperasi, BUMI pun kini melirik pembangunan proyek smelter. PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) sedang menjajaki sejumlah emiten tambang raksasa seperti PT Freeport Indonesia dan PT Amman Mineral Nusa Tenggara untuk menjalin kerja sama membangun smelter emas dan tembaga.

Pada prinsipnya, pemerintah memang mendorong emiten tambang mineral untuk saling bekerja sama membangun proyek smelter dalam rangka hilirisasi produk tambang agar lebih bernilai tambah. BUMI menjajaki Freeport dan Amman tak lain dikarenakan kedua emiten tersebut merupakan salah satu emiten tambang mineral raksasa Indonesia.

Saat ini, rencana kerja sama tersebut sudah memasuki tahap studi kelayakan. Untuk lokasi pembangunan sendiri masih dalam tahap perencanaan, kajian dan pertimbangan. Lokasi pembangunan diproyeksikan di Kalimantan, Sulawesi atau sesuai dengan saran pemerintah di Sumbawa. Besaran investasi sendiri dari proyek smelter ini masih dalam proses kalkulasi mengingat proses studi kelayakan pun belum rampung. Namun, BUMI juga membuka peluang opsi joint venture untuk proyek ini. BUMI berharap proyek ini dapat berjalan sesuai rencana dan tak ada kendala yang signifikan.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berikan Komentar
Komentar Berita
  1. wah wah, Terima kasih infonya...


Kunjungi web Advertising kami !