Detail Berita


Mengungkap Lubang Galian Terdalam di Dunia


"Lubang Galia Terdalam di Dunia"
Sumber gambar: bangka.tribunnews.com


Tanggal terbit: 01-11-2019

duniatambang.co.id – Kola Superdeep Borehole (KSB) adalah proyek galian terdalam di dunia yang terletak di Rusia. Tak tanggung-tanggung, ia menghujam sejauh 12 kilometer ke bawah tanah, lebih dalam dibandingkan degan palung Mariana. Lubang galian terdalam ini menyimpan beberapa fakta yang patut untuk diungkap.

Penggalian lubang ini bertujuan untuk penelitian yang dimulai September 1990. Sekelompok ilmuwan menempatkan kepala bor dan terus menggali ke dalam bumi. Pengeboran diperkirakan dapat mencapai 15 km ke bawah tanah pada tahun 1993. Pengeboran lubang terdalam tersebut menjadi tempat pengeboran terdalam di dunia selama 20 tahun terakhir.

Menggali dengan kedalaman yang tinggi bukanlah hal yang mudah. Banyak tantangan dan rintangan yang harus dihadapi. Namun, tak banyak yang tahu apa sebab lubang ini dihentikan. Beberapa anggapan penghentian lubang terdalam ini adalah masalah dana dan ancaman suhu di bawah tanah yang tinggi mencapai 180 derajat celcius. Penggalian lubang ini berakhir pada tahun 1994.

Penggalian itu tidak sia-sia. Sekitar 7 kilometer di bawah, ilmuwan menemukan fosil mikroskopis dari 24 spesies. Mereka juga mendapatkan akses pada bebatuan yang diperkirakan berusia 2,7 miliar tahun.

Meskipun sangat dalam, lubang ini memiliki diameter yang cukup kecil, yaitu sekitar 9 inch atau 23 sentimeter. Lubang ini terbentuk pada sebagian kecil lapisan bumi, lubang ini bahkan masih dikatakan jauh untuk mencapai mantel bumi.

Penggalian lubang ini tidak dibuat untuk kepentingan penggalian minyak bumi. Tetapi, proyek ini dibuat sebagai wujud pembuktian diri Rusia terhadap AS dalam perang dingin, sekaligus lubang ini dibuat untuk kepentingan ilmiah. Nah, 20 tahun kemudian, KSB menjadi sebuah pencapaian teknologi dan ilmu pengetahuan yang meninggalkan sejarah.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Umar RP.

Berikan Komentar

Kunjungi web Advertising kami !