Detail Berita


6 Fakta Menarik Barang Tambang, Salah Satunya Ada di Mana Aja


"Fakta Menarik Barang Tambang"
Sumber gambar: tirto.ID


Tanggal terbit: 30-10-2019

duniatambang.co.id – Berbicara tentang barang tambang, Indonesia memiliki anugerah sebagai negara kaya sumber daya alam yang melimpah, terutama kekayaan alam pertambangan. Beragam macam barang tambang tersebar dari Sabang sampai Merauke mulai dari batubara, mineral, hingga minyak dan gas bumi.

Kekayaan alam pertambangan diiringi dengan perkembangan teknologi memberikan manfaat untuk kehidupan manusia.

Kira-kira sejauh apa Sobat mengetahui tentang barang tambang? Tim riset Dunia Tambang mengumpulkan fakta-fakta menarik mengenai barang tambang yang harus diketahui oleh masyarakat luas untuk menambah wawasan.

1. Barang tambang terdapat hampir pada semua benda yang dipakai di kehidupan sehari-hari

Dari bangun tidur hingga tidur kembali, kita tak terlepas menggunakan barang-tambang pada kehidupan sehari-hari. Mulai dari meja makan di dapur, kita melihat gelas, piring, sendok, yang semuanya berasal dari barang tambang. Yang paling dekat dan dibawa setiap berpergian, telepon genggam yang komponennya terdiri dari barang tambang seperti emas, nikel, platinum, tembaga, dll.

2. Butuh proses yang panjang untuk menjadi barang bermanfaat

Barang tambang memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia, misalnya listrik. Semua perangkat elektronik yang membutuhkan listrik berasal dari pengorbanan orang di luar sana yang terkena terik untuk mengambil barang tambang hingga bisa digunakan oleh masyarakat banyak. Bayangkan, jika listrik belum masuk ke abad 21 ini, pastilah terangnya kehidupan kota tidak dapat dinikmati di malam hari.

3. Ilmu pertambangan mencakup semua bidang keilmuan

Pertambangan merupakan disiplin ilmu yang melibatkan hampir semua bidang keilmuan mulai dari geografi, matematika, fisika, kimia, biologi dan lain-lain. Perpaduan bidang keilmuan dikombinasikan dengan teknologi pertambangan hingga berguna untuk mempermudah aktivitas kehidupan manusia.

4. Barang tambang hanya tersedia pada daerah tertentu

Barang tambang mungkin saja terdapat di setiap daerah di Indonesia, tapi tidak semua barang tambang ekonomis untuk diproduksi. Misalnya, batubara banyak tersebar di daerah Kalimantan dan Sumatera, tapi sangat sedikit tersebar di daerah Jawa. Hal tersebut dipengaruhi oleh proses pembentukan batubara itu sendiri.

5. Memiliki produk lain tapi jarang “dilirik”

Batubara adalah barang tambang yang populer di masyarakat. Sama halnya seperti emas, nikel, dan tembaga. Tetapi banyak yang belum tahu kalau barang tambang sangat beraneka ragam. Misalnya, pasir pun merupakan salah satu barang tambang juga patut untuk diperhitungkan.

6. Masyarakat sering salah persepsi

Jika mendengar kata tambang, banyak yang berpikiran jika kegiatan pertambangan hanya aktivitas yang merusak lingkungan. Padahal, jika dipikir-pikir peran pertambangan terhadap aktivitas kehidupan manusia berperan sangat penting. Untuk memanfaatkan barang tambang sebagai produk jadi, tentu tak semudah membuat mie instanyang langsung dapat disantap.

Barang tambang diambil jauh dari dalam perut bumi yang tentu mengharuskan membuka lahan. Misalnya saja, kita ingin mengambil taplak meja yang di atasnya ada gelas, tentu kita akan mengambil gelasnya terlebih dahulu sebelum mengambil taplak meja untuk menghindari gelas jatuh dan pecah. Seperti itulah dengan barang tambang. Untuk mengambil barang tambang, tentu adanya pembukaan terlebih dahulu, kemudian nanti akan dilakukan reklamasi dan pasca tambang.

Setelah mengetahui fakta menarik barang tambang yang ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari, mari manfaatkan barang tambang sebaik-baiknya.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berikan Komentar

Kunjungi web Advertising kami !