Detail Berita


Bidik Proyek PLTU, Bukit Asam Akan Jual Listrik ke Malaysia?


"Proyek PLTU Bukit Asam"
Sumber gambar: beritasatu.com


Tanggal terbit: 29-10-2019

duniatambang.co.id - PT Bukit Asam Tbk. merupakan salah satu emiten pelat merah. Sebagai salah satu emiten kenamaan Indonesia di sektor batubara, PTBA berencana akan ekspansi bisnis melalui pembangunan PLTU mulut tambang pada wilayah tambang yang dimilikinya yang berlokasi di Peranap, Riau.

Sebagai informasi, lokasi tambang milik PTBA di Penarap, Riau tersebut merupakan lokasi yang sama dengan proyek gasifikasi coal to syngas yang juga sedang dikembangkan oleh PTBA bersama dengan PT Pertamina (Persero) dan Air Product. Kini, PTBA sedang mengkaji pemindahan proyek gasifikasi bernilai US$ 2,7 miliar ini ke Tanjung Enim. 

PTBA memang sedang gencar-gencarnya melakukan kegiatan hilirisasi batubara mulai dari listrik hingga gasifikasi. Hal ini dilakukan untuk memanfaatkan batubara kalori rendah yang kurang ekonomis jika dijual dan membutuhkan banyak biaya untuk keperluan distribusi, sebagai contoh pengangkutan batubara kalori rendah membutuhkan biaya lebih mahal untuk tetap mempertahankan kualitas. Untuk itu, PTBA mengembangkan proyek PLTU mulut tambang di beberapa wilayah operasinya. Salah satunya PLTU mulut tambang di Penarap, Riau.

PLTU ini akan memanfaatkan lebih dari 4 juta ton produksi batubara per tahun di tambang Peranap.  PLTU Mulut Tambang Peranap yang terletak di Indragiri Hulu, Riau dengan kapasitas 2x300 MW. Lokasi pembangunan PLTU di Penarap, Riau dipilih PTBA karena adanya potensi market untuk penjualan listrik ke Malaysia. Sehingga Penarap, Riau dinilai merupakan lokasi yang strategis untuk pengembangan proyek PLTU ini. Belum diketahui sejauh mana proyek pengembangan ini sudah dilakukan. Namun, jika proyek ini telah rampung PTBA berharap kinerja perusahaan tak hanya disumbang dari penjualan batubara saja, melainkan dari produk hilirisasi misalnya listrik sehingga emiten pelat merah ini kian eksis di kancah industri pertambangan.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Edito     : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !