Detail Berita


PT Bumi Resources Tbk (BUMI) Siap Garap Gasifikasi


"Bumi Siap Garap Proyek Gasifikasi"
Sumber gambar: beritasatu.com


Tanggal terbit: 28-10-2019

duniatambang.co.id - PT Bumi Resources Tbk (BUMI) siap garap proyek gasifikasi sebagai upaya mendukung program hilirisasi pada komoditas tambang. Hilirisasi komoditas tambang memang sedang gencar digaungkan oleh pemerintah.

Hilirisasi untuk komoditas batubara salah satunya dapat dilakukan dengan proses gasifikasi. Proses gassifikasi batubara merupakan proses konversi secara kimia mengubah bentuk batubara yang padat menjadi menjadi gas sintetis. Gasifikasi batubara dapat menambah nilai tambah pada batubara dan dapat mengurangi ketergantungan akan impor bahan bakar gas.

Pada proyek pengembangan gasifikasi batubara ini, BUMI membutuhkan investasi sebesar US$ 1,6 miliar atau sekitar Rp 22,4 triliun (asumsi kurs Rp 14.000/US$). Untuk memenuhi besaran biaya investasi tersebut, BUMI akan menggandeng beberapa emiten lain untuk menjadi mitra dalam proyek pengembangan gasifikasi ini.  Namun BUMI belum dapat berbicara banyak mengenai siapa mitra yang akan mereka gandeng nantinya. Sejauh ini, proyek gasifikais milik BUMI sudah memasuki tahap studi kelayakan dan sedang memilih serta menimbang teknologi yang tepat untuk proyek gasifikasi batubara agar nantinya tepat guna dan memperoleh hasil yang maksimal.

Sebagai informasi, sepanjang semester I-2019, BUMI mencatatkan laba bersih US$ 81 juta, turun 47% dibandingkan semester I-2018 senilai US$ 151,57 juta.  Turunnya laba ini disebabkan harga batubara yang masih labil. BUMI melirik proyek gasifikasi ini dengan pertimbangan bahwa nantinya hasil gasifikasi bisa dipakai untuk kebutuhan domestik atau pun ekspor.

Dengan gasifikasi ini pula, BUMI berharap nilai tambah batubara akan meningkat. Hasil gasifikasi batubara ini dapat dijadikan sumber bahan baku untuk diproses menjadi Dimethyl Ether (DME) sebagai campuran bahan bakar. Proyek ini diharapkan dapat berjalan sesuai dengan rencana.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha       

Berita serupa
Berikan Komentar

Kunjungi web Advertising kami !