Detail Berita


Kenapa Bisa Terjadi Kebakaran Tambang Bawah?


"Kebakaran Tambang Bawah Tanah"
Sumber gambar: idntimes.com


Tanggal terbit: 28-10-2019

duniatambang.co.id – Kegiatan tambang bawah tanah dapat memunculkan potensi kebakaran. Kebakaran dan ledakan selalu memberi ancaman baik terhadap nyawa pekerja tambang maupun mengakibatkan kerugian ekonomi yang besar.

Insiden kebakaran acap kali terlibat akibat kendaraan pertambangan dan peralatan berat lainnya baik dalam operasi tambang permukaan ataupun di bawah tanah. Bahan bakar yang digunakan oleh mesin-mesin tersebut terlibat dalam sejumlah besar insiden kebakaran.

Tambang batubara bawah tanah termasuk tambang yang rentan terjadi kebakaran. Kebakaran batubara pada tambang bawah tanah dapat menyebabkan ledakan gas metan.

Di dalam batubara terdapat gas metana yang terkumpul pada proses terbentuknya batubara. Kondisi terperangkapnya gas ini berlangsung ketika lapisan batubara atau batuan di sekitarnya tersebut terbuka akibat pengaruh alam seperti longsoran atau karena galian.

Batubara terbentuk dari tumbuhan yang dipengaruhi oleh sifat fisika dan kimia yang berlangsung selama jutaan tahun.

Pada tambang bawah tanah, gas berbahaya yang sering ditemukan adalah karbon monoksida (CO). Sementara yang jarang muncul adalah hidrogen sulfida (H2S), sulfur dioksida (SO2), dan nitrogen dioksida (NO2).

Contoh kasus kebakaran batubara pernah terjadi di tambang batubara Ombilin pada pertengahan Januari 2006 lalu. Kebakaran dimulai dari lorong tambang yang telah disekat rapat, kemudian terbuka akibat kegiatan penambangan liar.

Untuk menjaga lingkungan tambang bawah tanah, sistem proteksi kebakaran diperlukan untuk aset-aset operasional kunci lainnya, seperti permesinan, ruang listrik, ruang suplai daya bebas, dan sebagainya. Sementara, untuk menangani permasalahan gas yang muncul pada tambang bawah tanah, perencanaan sistem ventilasi yang baik merupakan hal mutlak yang harus dilakukan.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !