Detail Berita


Ini Dia Sosok Pendamping Erick Thohir Memimpin BUMN


"Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wirjoatmojo Menjadi Wakil Menteri BUMN"
Sumber gambar: cnbcindonesia.com


Tanggal terbit: 25-10-2019

duniatambang.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) siang ini (25/10/2019) resmi melantik 12 wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju. Jokowi menunjuk Budi Gunadi Sadikin untuk mendampingi Erick Thohir memimpin Kementerian BUMN periode 2019-2024.

Nama Budi Sadikin memang sudah tenar atas prestasi-prestasinya dalam menaklukkan beberapa perusahaan. Sebelumnya, Budi Sadikin menjabat sebagai Direktur Utama Inalum yang pada tahun 2017 ditunjuk sebagai induk holding pertambangan. Kemudian, pada Agustus lalu induk holding pertambangan bertransformasi dengan nama yang lebih segar.menjadi MIND ID (Mining Industry Indonesia).

Di tangan Budi, Inalum berhasil mengakuisisi 51% saham PT Freeport Indonesia. Baru-baru ini, MIND ID juga telah berhasil mengakuisisi 20% saham PT Vale Indonesia. Wajar saja, nama Budi Sadikin tersohor di kalangan masyarakat pada industri pertambangan.

Budi menempuh pendidikan Sarjana Fisika Nuklir di Institut Teknologi Bandung pada 1988.  Kemudian ia berhasil mengantongi Sertifikasi Chartered Financial Consultant dan Certified Life Underwriter dari Singapore Insurance Institute pada 2004.

Pria yang berkelahiran 1964 itu sempat mengawali karir sebagai staf teknologi informasi di IBM Asia Pasifik di Jepang. Kemudian, dia melanjutkan karir di IBM Indonesia dengan jabatan terakhir sebagai System Integration & Professional Services Manager hingga tahun 1994.

Budi meniti karir kembali di Bank Permata sampai beberapa kali naik jabatan. Budi juga sempat menjadi Direktrur Utama Bank Mandiri, salah satu perusahaan milik negara pada 2013. Budi telah terbiasa dengan kerja-kerja Kementerian BUMN karena memiliki pengalaman sebagai staf khusus Menteri BUMN Rini Sumarno.

Uniknya, selain menunjuk Budi, Presiden Jokowi juga menunjuk Kartika Wirjoatmojo yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri menjadi wakil menteri BUMN. Budi dan Kartika akan mendampingi Erick Thohir untuk mengembangkan 142 perusahaan milik negara.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Hazred Umar Fathan

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !