Detail Berita


Lagi Mahal, Pohon Ini Malah Bergetah Nikel


"Pohon Tropis Bergetah Nikel"
Sumber gambar: kaskus.co.id


Tanggal terbit: 22-10-2019

duniatabang.co.id – Tumbuh-tumbuhan tidak suka dengan logam berat. Logam berat seperti nikel bisa membuat tumbuhan-tumbuhan cepat mati. Belakangan ini, nikel selalu disebut-sebut lantaran harga nikel yang melejit naik. Pelarangan ekspor nikel mengangkat nama nikel menjadi melambung tinggi.

Nikel banyak ditemukan di pulau Sulawesi yang kini marak pembangunan pabrik smelter. Siapa sangka nikel tak hanya ditemukan di dalam perut bumi, tetapi ditemukan juga pada pohon.

Ilmuwan dari Universitas Queensland menemukan kelompok pohon yang disebut dengan hyperaccumulators yaitu pohon tropis yang bernama latin Pycnandra Acuminate mengandung nikel.

Pohon Pycnandra mengandung getah seperti getah karet yang setelah dilakukan penelitian terdapat logam nikel hingga 25%.

Pohon ini memiliki masa pertumbuhan yang sangat lambat dan membutuhkan waktu puluhan tahun untuk menghasilkan bunga dan biji. Pohon tersebut bisa tumbuh mencapai 20 meter.

Tidak hanya Universitas Queensland, pohon pycnandra lainnya juga dianalisis di Elektronen-Synchrotron (DESY), sebuah lembaga pusat penelitian di Jerman.

Pohon ini juga ditemukan di tanah yang kaya logam secara alami. Di samping itu, pohon ini termasuk pohon langka yang berasal dari hutan hujan Kaledonia Baru yang memiliki kemampuan unik.

Kapasitas pohon ini untuk menyimpan logam berat dalam jumlah besar telah dipelajari oleh berbagai ilmu biologi, mulai dari biologi molekuler hingga fisiologi dan biokimia. Para ilmuwan belum mengidentifikasi mekanisme universal penyerapan nikel dan penyimpanannya di dalam pohon.

Jika pohon ini dengan jumlah banyak, apakah mampu menggantikan fungsi nikel yang dikeruk dari perut bumi?

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Ocky PR.

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !