Detail Berita


Darma Henwa (DEWA) Merambah ke Sektor Mineral


"Darma Henwa Mulai Merambah ke Bisnis Sektor Mineral"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 18-10-2019

duniatambang.co.id - Darma Henwa (DEWA) merupakan perseroan yang saat ini bergerak dalam bidang jasa kontraktor pertambangan, jasa penambangan umum, pemeliharaan dan perawatan peralatan. DEWA sebelumnya fokus pada jasa pertambangan di sektor batubara, kini DEWA mulai serius merambah ke sektor non-batubara yaitu mineral.

Dilansir dari kontan.id, pada semester I 2019 DEWA mencatatkan kenaikan pendapatan sebesar 11,7% (yoy) pada level US$ 129,57 juta. Pendapatan terbesar masih disumbang dari pihak berelasi sebesar US$ 125,31 juta atau setara 96,71% dari total pendapatan DEWA. Sementara sisanya yaitu 3,29% berasal dari pendapatan pihak ketiga sebesar US$ 4,26 juta.

Di sektor mineral, DEWA telah mendapatkan pengerjaan proyek penambangan mineral seng yang berlokasi di Dairi, Sumatera Utara, milik PT Dairi Prima Mineral senilai Rp29,9 miliar. Selain itu, DEWA juga mengerjakan proyek penambangan tembaga dan emas di Kabupaten Bone Bolango, Provinisi Gorontalo dan proyek penambangan emas yang berlokasi di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan milik PT Citra Palu Minerals. Sejauh ini belum dapat diketahui besaran dana belanja modal atau capital expenditure (capex) untuk keperluan ekspansi DEWA di bidang penambangan mineral.

Pada proyek mineral seng milik PT Dairi Prima Mineral, DEWA melakukan pekerjaan meliputi pembangunan jalan akses tambang Dairi dari camp ke lokasi portal tambang bawah tanah dan pembangunan jalan akses tambang Dairi dari Parongil menuju kamp. Pada proyek penambangan tembaga dan emas di Kabupaten Bone Bolango, DEWA mengerjakan road construction pada tahap awal, serta aktivitas penambangan dan reklamasi.

Proyek penambangan emas yang berlokasi di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan milik PT Citra Palu Minerals yang  dikerjakan oleh DEWA mempunyai durasi pekerjaan 3-4 tahun dengan lingkup pekerjaan infrastruktur dan earthworks. Ekspansi ini diharapkan dapat membuat performa perusahaan menjadi lebih baik dan dapat membukukan pendapatan yang lebih besar.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !