Detail Berita


Gegara Inggris “Cabut” dari Uni Eropa, Harga Emas Dunia Merosot


"Harga Emas Terpengaruh Keluarnya Inggris dari Uni Eropa"
Sumber gambar: money.kompas.com


Tanggal terbit: 17-10-2019

duniatambang.co.id – Harga emas lokal maupun dunia terus mengalami pergejolakan. Berbeda arah, emas lokal yang diproduksi oleh Antam menunjukkan peningkatan. Sementara, emas dunia justru mengalami kemerosotan.

Emas Antam pada Rabu (16/10) senilai Rp752 ribu per gram naik menjadi Rp758 ribu per gram pada Kamis (17/10). Begitu pula dengan pembelian kembali (buyback) dari semula Rp673 ribu menjadi Rp679 ribu per gram pada hari ini naik sebesar 0,9 persen.

Baca juga: Karena Silau Emas, Asing Borong Saham UNTR?

Sementara itu, harga emas di perdagangan internasional merujuk pada Commodity Exchange COMEX berapa pada level USD1.491,7 per troy ons. Harga tersebut melemah 0,15 persen. Selain itu, harga emas di perdagangan spot juga melemah terkoreksi 0,11 persen ke level USD1.488,48 per troy ons pada pagi ini (17/10.

Pelemahan harga emas ini dipicu karena adanya sinyal positif tercapainya kesepakatan Brexit Inggris dari Uni Eropa. Namun, peluang penguatan harga emas masih ada harapan, sebab data penjualan ritel Amerika Serikat untuk bulan September di luar dugaan pasar.

Di sisi lain, pertumbuhan sektor ritel negeri Paman Sam terkoreksi ke minus 0,3 persen pada bulan lalu. Hal ini membuat pasar mulai berpikir ada pelambatan ekonomi di AS yang juga turut memicu pemangkasan tingkat bunga acuan bank sentral AS.

Sebagai informasi, Brexit merupakan pencabutan keanggotaan Uni Eropa di mana tindakan ini dapat dilakukan kepada seluruh negara anggota yang tergabung dalam Uni Eropa.

Kabar akan adanya kesepakatan Brexit ini membuat harga emas melemah di perdagangan sesi AS. Jika kesepakatan Brexit tercapai, kemungkinan terjadi resesi di Negeri Ratu Elizabeth akan menipis.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor    : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !