Detail Berita


MIND ID Sah Kuasai Saham Vale, Asing Rebutan Beli Saham


"Penandatanganan Head of Agreement Divestasi Saham PT Vale Indonesia Tbk"
Sumber gambar: cnbcindonesia.com


Tanggal terbit: 14-10-2019

duniatambang.co.id – Kewajiban divestasi saham PT Vale Indonesia (INCO) sebesar 20% kepada peserta Indonesia dalam hal ini dilimpahkan kepada Mining Industry Indonesia (MIND ID). Pasca penandatanganan Perjanjian Pendahuluan antara Vale dan MIND ID, saham INCO mulai diborong investor asing pada perdagangan pagi ini Senin (14/10/2019).

Baca juga: MIND ID Resmi Akan Akuisisi Saham Vale

Penandatanganan ini merupakan langkah awal  untuk dimulainya kerja sama jangka panjang MIND ID dan Vale Indonesia. Perjanjian ini akan dilanjutkan lagi dengan beberapa perjanjian definitif utama.

Dilansir dari CNBC Indonesia, saham INCO diborong Rp 5,17 miliar oleh investor asing hingga harga saham INCO naik 1,31% ke level Rp 3.880/saham. Sementara investor domestik yang masuk membeli saham sebanyak Rp 66 miliar pada pagi ini.

MIND ID belum mengantongi nilai pasti 20% saham tersebut dan sumber pendanaan untuk membiayai akuisisi itu. Saat ini, pemegang saham Vale Indonesia terdiri dari VCL sebesar 58,73 SMM sebesar 20,09% dan publik sebesar 20,49%.

Kontrak karya PT Vale Indonesia akan berakhir di akhir tahun 2025 kemudian dapat diubah menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) sesuai dengan regulasi yang berlaku. Selain PT Vale Indonesia, divestasi saham juga telah dilakukan terhadap PT Freeport Indonesia.

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berikan Komentar

Kunjungi web Advertising kami !