image
Dunia Tambang / 12 October 2019 / 0 Komentar

Tambang Peledakan K3 dan Keselamatan Tambang 

Rumah Warga Dihujani Batu Diduga Akibat Peledakan Tambang

duniatambang.co.id – Batu raksasa yang tiba-tiba menghujani rumah warga mengagetkan warga sekitar. Batu tersebut setidaknya menimpa tujuh rumah warga dan satu sekolah di Kampung Cihandeuleum, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat pada Selasa (8/10).

Kejadian ini diprediksikan oleh Personil TNI dari Satgas Citarum Harum Sektor 13 diakibatkan oleh aktivitas pertambangan pada daerah tersebut. Sebelumnya, terlihat tanda-tanda adanya pergerakan lemparan batuan di daerah tersebut.

Baca juga: Juru Ledak Jadi Kunci Kegiatan Peledakan Zero Accident

Peristiwa ledakan batuan yang diduga akibat aktivitas tambang tersebut bukan kali pertama yang terjadi. Namun, sebelumnya masih relatif aman. Satreskrim Polres Purwakarta melakukan penyidikan untuk mengetahui secara pasti penyebab hujan batu raksasa tersebut.

Dalam kegiatan pertambangan, aktivitas peledakan bertujuan untuk menghancurkan batuan. Di sisi lain, aktivitas peledakan menimbulkan ledakan yang mempunyai risiko yang tinggi yang dapat mengancam keselamatan sekitar. Salah satunya dapat menyebabkan lemparan dari batu terbang (fly rock).

Radius aman aktivitas peledakan dari unit adalah 300 meter. Sementara radius aman untuk manusia adalah 500 meter dari lokasi peledakan. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya fly rock yang dapat membahayakan keselamatan.

Mekanisme terjadinya fly rock yang berlebihan dari kegiatan peledakan dapat terjadi karena kelebihan energi dalam kolom ledak, perbandingan burden dengan diameter lubang ledak terlalu kecil, dan adanya zona lemah di bagian freeface.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar