Detail Berita


MIND ID Resmi Akan Akuisisi Saham Vale



Tanggal terbit: 10-10-2019

duniatambang.co.id - Seperti yang diketahui INCO wajib untuk mendivestasikan 20% sahamnya sesuai dengan kesepakatan dalam amandemen kontrak karya (KK) pada 2014 lalu dengan batas tenggat waktu pertengahan Oktober 2019. Kewajiban divestasi saham INCO tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 77 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Baca juga: Dua Pekan Lagi, MIND ID Siap Divestasi Saham Vale?

Kini melalui surat resmi dari menteri keuangan, Pemerintah secara resmi telah menunjuk MIND ID untuk mengakuisisi 20% saham PT Vale Indonesia (INCO). Namun hingga kini, belum diketahui berapa besar nilai valuasi dari saham tersebut.

Setelah MIND ID resmi ditunjuk untuk akuisisi saham INCO, dalam sepekan terakhir saham INCO diwarnai aksi jual oleh asing. Saham INCO dilepas asing Rp 50,12 miliar dan secara tahun berjalan (year to date) saham INCO dijual asing Rp 372 miliar. Adapun year to date, saham INCO masih mencatatkan kenaikan 10,12% sejak awal tahun dengan kapitalisasi pasar Rp 35,77 triliun.

Keputusan untuk mengakuisisi saham Vale sebenarnya akan memberikan dampak positif bagi Indonesia dikarenakan Indonesia menjadi pemilik saham dalam porsi yang cukup besar sehingga dapat mengambil andil terhadap semua keputusan Vale kedepan, selain itu akan mendapatkan manfaat bisnis yang positif bagi Indonesia yaitu peningkatan pendapatan dari dividen apalagi Vale memiliki posisi yang strategis dipasar global, Vale merupakan produsen bijih besi kenamaan di dunia, kontribusinya mencapai 5% dunia.

Namun, sejumlah mengamat berpendapat bahwa MIND ID harus cermat bernegosiasi perihal nilai valuasi saham Vale tersebut. Sejauh ini MIND ID dan PT Vale Indonesia memasuki tahap negosiasi nilai valuasi saham 20% milik Vale tersebut. Adapun mekanisme yang diambil dalam negosiasi ini lebih ke proses bussiness to business antar kedua pihak.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Mayang Sari

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !