Detail Berita


Kapan Smelter Seng Pertama Indonesia Akan Beroperasi?



duniatambang.co.id - Pembangunan smelter memang sedang digenjot oleh pemerintah dalam rangka hilirisasi komoditas tambang untuk menambah nilai dari produk yang dihasilkan. Tak hanya pembangunan smelter nikel yang sedang booming. Indonesia juga akan memiliki smelter seng pertama.  Smelter seng pertama di Indonesia ini berlokasi di Kalimantan Tengah yang sedang digarap oleh PT Kapuas Prima Coal Tbk (ZINC) sejak 2018.

Baca juga: Operasi Smelter Timbal Pertama di Indonesia Milik ZINC Ditunda

Latar belakang dibagunnya smelter seng ini adalah kondisi Indonesia saat ini yang masih bergantung 100% dari luar negeri terkait bahan metal seng. Dengan adanya smelter ini diharapkan dapat menekan biaya produksi untuk kebutuhan domestik dan tidak bergantung dengan impor.

Smelter seng ini bisa memproses sekitar 55.000-60.000 ton konsentrat dalam setahun yang ditargetkan mampu menghasilkan seng bullion hingga 30.000 ton. Nilai investasi dari smeleter ini mencapai sekitar US$ 30 juta.

Saat ini ZINC masih melakukan penggalangan dana dengan pihak perbankan terkait penyelesaian pembangunan smelter seng ini. ZINC dan pihak perbankan memasuki tahap uji tuntas terkait penggalangan dana. Target dari penggalangan dana ini berkisar US$100 juta—US$120 juta.

Progres pembangunan Smelter Seng (Zn) untuk saat ini baru mencapai 25-30%. Diharapkan hingga akhir tahun 2019 perkembangan smelter seng bisa mencapai 50%. Smelter seng ini diestimasi bisa beroperasi diakhir tahun 2020 atau jika ada hambatan mundur hingga 2021.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.