Detail Berita


Hore Harga Batubara Merangkak Naik 3 Persen



duniatambang.co.id - Pekan pertama Oktober sempat menjadi awal yang buruk bagi komoditas batubara. Namun, pada 7 Oktober 2019 harga batu bara di pasar ICE Newcasle (Australia) melesat 3,11% menjadi US$ 69.55/ton. Sebagai informasi, kenaikan harga ini merupakan harga tertinggi sejak 1 Oktober 2019.

Baca juga: Harga Batubara Acuan Oktober Menukik Ke Level USD 64,8

Meskipun ancaman perang dagang AS-China masih berlanjut namun pasar global masih berharap pertemuan keduanya pertengahan bulan ini akan menemukan titik terang agar harga komoditas kembali stabil.

Beberapa penyebab yang diperkirakan menjadi dasar kenaikan batubara sebesar 3% pada (7/10) yaitu harga gas bumi yang menguat menyebabkan Jerman memperbanyak penggunaan batubara total konsumsi Jerman diprediksi akan naik secara week on week 3,6 GWh/h, sentimen positif China dan India, serta harapan Australia agar India menjadi importir batubara kokas dan menambah kuota impornya pada tahun depan menjadi 67 ton dari sebelumnya 63 ton.

Di Indonesia sendiri, Kenaikan harga batubara global tampaknya mempengaruhi harga saham batubara milik BUMI Harga saham PT Bumi Resources pada perdagangan Selasa sesi II ini (8/10/2019) melesat bersamaan dengan kenaikan harga batubara dunia. Namun, lagi-lagi kenaikan harga batubara ini masih dihantui kemungkinan kembali terkoreksi.  Meskipun demikian para pemain industri komoditas batubara tetap berharap bisa terus bertahan menghadapi kondisi harga yang terus fluktuatif.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Mayang Sari