Detail Berita


Dua Pekan Lagi, MIND ID Siap Divestasi Saham Vale?



Tanggal terbit: 03-10-2019

duniatambang.co.id - Divestasi saham Vale semakin mendekati masa tenggat waktu yaitu pertengahan Oktober mendatang. INCO wajib untuk mendivestasikan 20% sahamnya sesuai dengan kesepakatan dalam amandemen kontrak karya (KK) pada 2014 lalu. Kewajiban divestasi saham INCO tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 77 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Baca juga: Divestasi Saham Vale 20 Persen Dimulai Oktober 2019

Saat ini kepemilikan saham Vale Indonesia mayoritas masih dikuasai asing yakni Vale Canada Limited dengan komposisi 58,73%,  Sumitomo Metal Mining menguasai 20,09% dan 20,49% sisanya dimiliki publik.

INCO tidak menolak terhadap komitmen divestasi tersebut, pihak INCO saat ini secara internal telah menyiapkan semua data dan hitungan harga saham yang diperlukan untuk divestasi. INCO juga tengah menunggu arahan selanjutnya dari pihak pemerintah. Pihak Vale sudah mengirimkan surat ke Kementerian ESDM. Proses yang sedang berlangsung saat ini adalah evaluasi harga. Keputusan akhir dari evaluasi harga saham Vale ini berada di tangan Kementerian Keuangan dan Kementerian BUMN. 

Bagi pihak INCO, divestasi saham terdapat dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah INCO bisa mendapatkan sumber dana tambahan dari hasil divestasi saham. Akan tetapi, dengan divestasi saham ini maka INCO harus rela berbagi laba ke pemegang saham baru dan harus rela berbagi hak suara dalam berbagai keputusan.

Terkait divestasi saham Vale Menteri BUMN Rini Soemarno akan mengirimkan surat kepada Mining Industry Indonesia atau MIND ID. Penugasan MIND ID untuk mengambil alih 20% saham Vale sudah disetujui oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Kementerian Keuangan.

Saat ini MIND ID masih menunggu surat resmi dari Kementerian BUMN terkait langkah mengenai divestasi Vale, tetapi sejauh ini besar kemungkinan MIND ID akan menyerap divestasi saham Vale.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Mayang Sari

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !