Detail Berita


RUU Minerba Akhirnya Ditunda Hingga Periode Mendatang!



Tanggal terbit: 01-10-2019

duniatambang.co.id – RUU Minerba termasuk salah satu yang menjadi tuntutan aksi massa untuk ditunda pengesahannya. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI akhirnya memutuskan untuk menunda RUU Minerba kemudian akan dibahas pada periode mendatang.

Nasib RUU Minerba masih menjadi polemik dan menuai beragam kontroversi dari berbagai pihak. Sebenarnya, UU Minerba pada hakikatnya adalah aturan terkait pengelolaan sumber daya alam yang pemanfaatannya ditujukan untuk sebesar-besarnya demi kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: UU Minerba 2009 Sudah Tidak Relevan di Tahun 2019, Harus Revisi? 

Dari sisi pengusaha, RUU Minerba perlu memperhatikan aturan terkait investasi agar bisa mengeksploarasi sumber daya alam secara optimal. Tidak hanya mengandalkan investasi dari pemerintah, pengusaha membutuhkan investasi dana dari pihak swasta untuk memperlancar proses pemanfaatan sumber daya alam.

Adapun daftar inventarisasi masalah (DIM) RUU Minerba terdiri dari 928 poin bertambah dari sebelumnya 883 poin. Salah satu poin yang akan dimasukkan dalam RUU Minerba ini adalah untuk memberikan aturan pasti terkait batasan investasi asing jumlah maksimal penanaman modal asing.

Di samping itu, Pemegang IUP dan IUPK dilarang mengalihkan sahamnya kepada pihak lain sebelum mendapat persetujuan Menteri atau Gubernur sesuai dengan kewenangannya.

Selain RUU Minerba, beberapa RUU juga yang dituntut penyelesaiannya adalah RUU KUHP, RUU Pertahanan, RUU Perkoperasian, dan RUU Pengawasan obat dan makanan.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Umar RP.

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !