Detail Berita


Tambang Emas Awak Mas Ditargetkan Siap Operasi 2022



Tanggal terbit: 01-10-2019

duniatambang.co.id - Proyek tambang emas Awak Mas di Sulawesi Selatan merupakan perusahaan yang dikembangkan oleh Nusantara Resources Ltd (NUS).  NUS merupakan pemegang saham dari PT Masmindo Dwi Area (Masmindo).  NUS juga tidak lepas dari PT Indika Energy Tbk dimana kepemilikan PT Indika Energy Tbk (INDY) di NUS mencapai 21.02% dari total keseluruhan saham.

Tujuan dari penambahan saham di NUS adalah sebagai langkah diversifikasi usaha INDY di luar bisnis tambang batubara. Sebagai langkah menyiasati harga batubara yang fluktuatif, INDY membidik sektor non-batubara. 

Baca juga: Terus Berfluktuasi, Akankah Emas Antam Bisa Menguat Kembali?

Menurut catatan kontan.id, hasil uji kelayakan menunjukkan operasi penambangan terbuka di Awak Mas mampu menghasilkan sekitar 100.000 ounce emas per tahun. Masmindo sendiri memiliki hak eksklusif untuk mengeksplorasi Proyek Emas Awak Mas hingga tahun 2050.

Masmindo memiliki opsi perpanjangan dua tahun di bawah sistem Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) yang memiliki perkiraan cadangan ore sebesar 1,1 juta ounce dan sumber daya sebesar 2 juta ounce di Sulawesi Selatan. Fakta ini, membuat INDY optimis sektor tambang emas ini dapat menguntungkan.

Total biaya proyek ini mencapai sekitar US$ 200 juta dan saat ini melakukan eksplorasi di area seluas 2000 Ha dari wilayah mereka 14.390 Ha. Tambang Emas Awak Mas saat ini sedang memasuki tahap optimasi tambang, persiapan pembangunan proyek, dan pembiayaan proyek. Tambang Emas Awak Mas ini diperkirakan akan mulai beroperasi pada pertengahan 2022.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !