Detail Berita


Terus Berfluktuasi, Akankah Emas Antam Bisa Menguat Kembali?



Tanggal terbit: 30-09-2019

duniatambang.co.id - Pergerakan emas Antam mengikuti pergerakan harga emas di pasar global. Senin-Selasa pekan lalu emas global sempat menguat 0.65%. Namun setelah itu harga emas harus kembali anjlok di harga US$ 1.503.75 pada Rabu (25/9) atau terkoreksi 1.81%. Sejak Rabu-Jumat harga emas global terus tertekan. Hal ini juga kembali menekan harga emas Antam. Naik turunnya harga emas Antam sepekan terakhir berbanding lurus dengan harga emas global yang juga berfluktuasi.

Baca jugaFluktuasi Harga Komoditas Tambang, Harga Ekspor Terganggu 

Menurut catatan Kontan.id, harga emas acuan Antam 100 gram dibanderol Rp 71.20 juta atau setara dengan Rp 712.000 per gram pada perdagangan Sabtu (28/9/2019). Harganya turun dari level Rp713.000 per gram yang dicatatkan pada Jumat dan Kamis pekan lalu. Harga emas Antam pada Sabtu kemarin merupakan level terendah sejak sepekan terakhir.

Harga emas global kemungkinan berpotensi akan tertekan jika melihat pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat diangka 2% yang berarti pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat masih dalam keadaan aman dan cenderung positif meskipun cukup lambat hal ini dapat membuat kekhawatiran resesi agak reda. Ketika kekhawatiran terhadap resesi mereda maka risk appetite investor kembali pulih dan investor mulai meninggalkan aset safe haven seperti emas.

Disisi lain meskipun kekhawatiran resesi mereda, emas masih bisa menguat mengingat investor masih sedikit gelisah dan masih memantau kelanjutan negosiasi dagang AS-China yang akan berlangsung pada 10-11 Oktober nanti. Jika dalam negosiasi tersebut belum menemukan titik temu maka instrumen safe haven masih memungkinkan untuk tetap dipilih.

Pergerakan harga emas bisa memiliki potensi tren naik didorong oleh sentimen perang dagang dan potensi perlambatan ekonomi global yang masih berhembus sehingga instrumen safe haven masih berpotensi untuk digandrungi, salah satunya emas.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Mayang Sari

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !