Detail Berita


Membidik Potensi dan Tantangan Low Rank Coal (LRC)



Tanggal terbit: 27-09-2019

duniatambang.co.id - Batubara adalah salah satu harta karun yang berharga yang dimiliki Indonesia. Sumber daya batubara tersebar luas di seluruh kepulauan Indonesia dengan total sumber daya sebesar 151,3 miliar ton. Namun, hampir separuh dari sumber daya tersebut merupakan low rank coal (LRC) terdiri dari lignit dan sub-bituminus. LRC memiliki kadar air yang tinggi, kandungan zat volatil tinggi, nilai kalori rendah dan kadar oksigen tinggi. LRC cenderung tidak ekonomis karena banyak membutuhkan penanganan juga berpotensi terjadinya spontaneous combustion.

Baca juga: Optimasi Pengawasan Penjualan Batubara, ESDM luncurkan MVP

Namun melihat keberadaan batubara peringkat rendah yang secara kuantitas tergolong besar. Peluang untuk membidik potensi LRC terbuka lebar. Pemanfaatan LRC bisa dilakukan antara lain  dengan upgrading serta konversi.

Dengan banyaknya cadangan brown coal atau LRC perlu dilakukan pengembangan teknologi untuk dapat meningkatkan kualitas batubara. Setelah melalui suatu tahap peningkatan (upgrading) batubara diharapkan akan dapat memiliki kualitas lebih baik.

Indonesia memiliki beberapa tantangan dalam pengembangan upgrading batubara. Dalam Seminar Tahunan MGEI yang diadakan baru-baru ini, Prof. Datin Fatia Umar dari Puslitbang tekMIRA menyebutkan beberapa tantangan pengembangan upgrading batubara. Di antaranya, dari beberapa teknologi secara teknis bisa diterapkan, tetapi biaya yang diperlukan tinggi, belum ada peraturan yang mengatur harga jual batubara untuk pabrik upgrading.

Untuk melakukan langkah percepatan dan bentuk komitmen memaksimalkan potensi LRC, Indonesia dapat melakukan beberapa hal yaitu ketersediaan teknologi, kebijakan bisnis batubara peringkat rendah, pemantauan produk peningkatan (upgrading) batubara, serta standar keamanan transportasi produk peningkatan (upgrading) batubara

Dengan fakta jumlah LRC yang besar, Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah yang cukup banyak agar dapat melakukan pemanfaatan potensi batubara kalori rendah (LRC) secara maksimal.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Mayang Sari

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !