Detail Berita


Kolaborasi Inalum-Antam Garap Smelter Alumina



Tanggal terbit: 26-09-2019

duniatambang.co.id - Pembangunan pabrik smelter Alumina merupakan komitmen mendukung rencana pemerintah untuk hilirisasi mineral khususnya industri pengolahan alumunium. PT Inalum (Persero) bekerja sama dengan PT Antam Tbk melalui anak usaha PT Borneo Alumina Indonesia (PT BAI) melakukan pencanangan pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di desa Bukit Batu, Kab. Mempawah, Kalimantan Barat. Mempawah dipilih sebagai lokasi pembangunan lantaran terdapat potensi daerah pertambangan bauksit.

Baca juga: Pemerintah Putar Otak Siapkan Regulasi Pemanfaatan Limbah Smelter

Smelter dibangun di atas lahan seluas 288 hektare (ha). Proyek ini membutuhkan investasi sebesar US$ 850 juta di mana sumber dana 30% berasal dari ekuitas dan 70% pendanaan bank. Proyek ini juga dilengkapi dengan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Batubara (PLTB) berkapasitas 3x25 MW. Proyek SGAR ditargetkan mampu menghasilkan 1 juta ton, hal ini akan memenuhi kebutuhan alumina nasional yang hanya 500.000 ton.

Saat ini pembangunan smelter SGAR sedang dalam tahap negosiasi dengan perusahaan kontraktor, Engineering, Procurement, and Construction (EPC). Setelah proses negosiasi selesai, Dalam waktu dekat yaitu bulan Oktober 2019 dijadwalkan akan memasuki tahap ground breaking.

Proyek SGAR dinilai sebagai langkah strategis bagi Indonesia. Indonesia memiliki cadangan bauksit yang besar. ANTAM sebagai perusahaan penghasil bauksit yang cukup signifikan dapat menambah nilai jual komoditas mineral yang mereka miliki.

Proyek SGAR ini juga akan mengurangi ekspor mineral mentah dan mengurangi impor sumber bahan baku aluminium dalam negeri. Disisi lain, proyek SGAR diharapkan akan memberikan dampak positif bagi daerah setempat yaitu dapat menambah pendapatan daerah, menyerap tenaga kerja dan diharapkan menjadi salah satu roda penggerak perekonomian. Smelter SGAR ini ditargetkan rampung dan mulai beroperasi kuartal I 2022.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Mayang Sari

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !