Detail Berita


6 Objek Wisata Bekas Tambang, Inspirasi Tempat Liburan



Tanggal terbit: 25-09-2019

duniatambang.co.id - Berdasarkan amanat UU No. 4 Tahun 2009 bahwa pengusaha tambang wajib melakukan reklamasi dan pascatambang. Namun siapa sangka areal yang dulu merupakan wilayah pertambangan ternyata memiliki daya tarik bagi wisatawan.

Berikut 6 Objek wisata lahan bekas tambang yang dapat dijadikan referensi liburan Sobat Tambang.

1. Lubang Tambang Mbah Suro, Sawahlunto Sumatera Barat

Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) menetapkan pertambangan batubara era kolonial Ombilin di Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar) sebagai warisan dunia kategori budaya. Penetapan tersebut dilakukan pada sidang ke-43 Komite Warisan Dunia UNESCO PBB di Pusat Kongres Baku, Azerbaijan. Pada zaman kolonial, Sawahlunto terkenal sebagai kota penghasil batubara. Penambangan batubara dilakukan di dalam terowongan bawah tanah.

Baca juga: UNESCO Resmi Tetapkan Tambang Ombilin Sawahlunto Sebagai Situs Warisan Budaya Dunia

2. Bukit Jaddih, Bangkalan Madura

Bukit Jaddih, Socah, Bangkalan, Madura merupakan area penambangan batu kapur. Namun,beberapa areal yang tidak lagi di tambang dialihfungsikan menjadi tempat wisata dengan dibangun kolam renang Goa Potte. Serta dikelilingi keindahan batu kapur. keunikan Bukit Jaddih ini disebut-sebut sebagai Cappadocia di Turki versi Indonesia.

3. Brown Canyon, Semarang

Brown Canyon yang disebut-sebut mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat merupakan lahan tambang Galian C yang masih aktif hingga saat ini. Keindahan yang ditawarkan adalah Palung dan bukit-bukit pasirnya menjadi pemandangan yang eksotik untuk latar berfoto ria.

4. Bukit Jamur, Gresik

Bukit Jamur yang berada di Bukit Kaliwot, Bungah, Gresik, Jawa Timur ini merupakan bekas galian tambang kapur yang dulu beroperasi di tahun 1992 dan kemudian ditutup penambangannya di tahun 2008. Luas areanya sekitar 3 hektar di mana terdapat bukit-bukit menyerupai jamur sehingga memanjakan mata memandang.

5. Tebing Breksi, Jogja

Sebuah tebing bekas tambang batu breksi yang berada di Sambirejo, Prambanan, Sleman, Jogja. Batuan di Tebing Breksi ini ternyata merupakan sebuah lava dari Gunung Api Purba yang menggumpal dengan melewati proses jutaan tahun lamanya. Area tambang ini akhirnya ditutup. Bekas daerah tambang tersebut kini disulap menjadi kawasan wisata.

6. Danau Kaolin, Belitung

Danau Kaolin berlokasi di Perawas, Tanjungpandan, danau ini merupakan bekas tambang kaolin. Danau ini menampakkan keindahannya dengan air berwarna biru tosca menggenanginya dan terdapat bukit-bukit kecil bekas tambang.

Baca juga: Lakukan 5 Upaya Ini untuk Menyulap Lubang Bekas Tambang Jadi Kawasan Berwawasan Lingkungan

Liburan di lokasi bekas tambang menjadi pilihan unik untuk menghabiskan akhir pekan. Selain menyajikan pemandangan yang indah, dapat juga dijadikan sarana edukatif yang menambah wawasan tentang pertambangan yang ada di Indonesia.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Mayang Sari

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !