Detail Berita


Seminar Tahunan MGEI ke-11 “Unlocking Concealed and Complex Deposits” Resmi Dibuka



Tanggal terbit: 24-09-2019

duniatambang.co.id – Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia (MGEI) kembali mengadakan seminar tahunan terbesar yang sebelumnya telah sukses dilakukan sejak 10 tahun lalu. Seminar yang ke-11 ini diadakan di Hotel Aston Lake Resort and Conference di Sentul, Kabupaten Bogor yang berlangsung pada tanggal 24-26 September 2019.

Seminar ini resmi dibuka oleh Rudy Suhendar Kepala Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Dalam sambutannya, Rudy mengatakan “Banyak area yang belum dieksplorasi dikarenakan kompleksitas deposit baik dari genesis maupun  karakteristiknya. Hal ini membutuhkan investigasi lanjutan”.

Baca juga: MGEI Sukses Adakan Bruncheon Talk “Marginal Deposits Into Production Mining”

Dibalik tema yang diangkat “Unlocking Concealed and Complex Deposits (UCCD)” merupakan tantangan besar yang dihadapi oleh pelaku industri geologi dan pertambangan untuk membuka deposit kompleks yang tersembunyi.

Oleh sebab itu, untuk menghadapi tantangan ini diperlukan pengembangan dan pembaharuan pendekatan, teknik, lingkungan, dan tantangan sosial yang sangat penting untuk penyediaan mineral deposit di masa yang  akan datang.

Dalam  pembukaan acara ini, Budi Santoso Ketua MGEI menyampaikan “Untuk menghadapi tantangan di masa depan, kita perlu merangkul dan mengaplikasikan pengetahuan atau konsep baru, alat, dan Teknik baru untuk deposit mineral yang masih tersembunyi”.

Dalam kesempatan yang sama, Sukmandaru Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) juga menuturkan bahwa “membuka deposit mineral yang masih tersembunyi merupakan misi terbesar untuk pengembangan industri pertambangan mineral dan batubara”.

Seminar tahunan  yang ke-11 ini menghadirkan 36 pemakalah yang memaparkan studi kasus, isu-isu terhangat, dan solusi untuk menyelesaikan berbagai masalah di bidang geologi dan pertambangan khususnya untuk menemukan deposit mineral. Adapun materi yang dibahas di antaranya complex deposits pada komoditas emas, nikel, batubara, timah, dan endapan tanah jarang. Dengan terlaksananya seminar tahunan yang ke-11 ini, diharapkan memberikan pencerahan dan solusi untuk menghadapi tantangan industri pertambangan ke depannya.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor    : Ocky P.

Berita serupa
Berikan Komentar

Kunjungi web Advertising kami !